Kenali 5 Tanda tanda orang munafik dalam sholatnya

0
31949

tanda-tanda orang munafik dalam sholatnya

Bicara tentang orang munafik, secara spontan kita akan teringat dengan sabda Nabi Muhammad SAW bahwa orang munafik itu memiliki 3 ciri utama yakni suka berbohong, sering ingkar janji, dan berkhianat jika diberi kepercayaan.

Sebagaimana yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari & Muslim melalui Abu Hurairah, bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda:

“Aayatul Munaafiqi Isalaatsun : Idzaa Haadatsa Kad Dzaba wa Idzaa Wa Ada Akhlafa Wa Idzaa Tumina Khana”

Yang artinya: Tanda-tanda orang munafik itu ada 3, jika bicara ia dusta, jika berjanji ia ingkar, dan jika dipercaya ia akan berkhianat.

Nah, pernahkah anda menemui orang-orang seperti itu? Atau jangan-jangan kita sendirilah yang sering melakukan 3 perbuatan bobrok itu? Naudzubillah ya.

Ok, sebagai manusia, mungkin kita akan lebih mudah melihat keburukan orang lain dibandingkan dengan keburukan diri sendiri. Right?

Untuk itu, mari sejenak kita bercermin. Coba kita tengok kembali bagaimana cara kita melaksanakan sholat, karena ciri-ciri orang munafik juga bisa dilihat dari bagaimana dia memperlakukan kewajiban tersebut.

Berikut 5 tanda-tanda orang munafik dalam memperlakukan sholatnya:

Merasa berat dalam mengerjakan sholat

Sebagaimana yang disabdakan Rosulullah SAW dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim, dari Abu Hurairah RA:

“Sesungguhnya sholat yang paling berat bagi orang munafik adalah sholat Isya’ dan sholat Subuh. Seandainya mereka tahu keutamaan yang ada dalam kedua sholat itu, niscaya ia akan mendatanginya walaupun dengan merangkak”

Jelas bahwa orang munafik akan merasa sangat berat untuk melaksanakan sholat Isya’ dan Subuh. Bagaimana dengan anda?

Tidak menghadiri sholat berjamaah

Diriwayatkan oleh Imam Muslim, Sahabat Abdullah Mas’ud RA berkata:

“Sungguh aku telah melihat kami (yaitu para sahabat Radiyallahu ‘anhum), tidak ada yang absen darinya (sholat berjamaah), kecuali seorang munafik yang dikenal kemunafikannya”.

Abu Umair bin Anas juga meriwayatkan dari pamannya yang mempunyai persahabatan dengan Nabi Muhammad SAW, ia meriwayatkan bahwa Rosullullah bersabda:

“Orang yang tidak menghadiri keduanya (sholat Isya’ dan Subuh secara berjamaah) adalah orang munafik”.

Mengakhirkan sholat Ashar saat matahari akan terbenam

Diriwayatkan oleh Imam Muslim dan Ahmad, dari Anas bin Malik RA, Rosulullah bersabda:

“Itulah sholatnya orang munafik,..duduk santai sambil lihat-ihat matahari. Hingga ketika matahari telah berada di antara 2 tanduk setan (menjelang terbenam), dia baru mulai sholat, dengan gerakan cepat seperti mematuk 4 kali. Tidak mengingat Allah dalam sholatnya kecuali sedikit”

Hayo, siapa nih yang suka menunda-nunda waktu sholat Ashar? Biasanya di lingkungan kantor nih yang suka seperti ini. Nunggu bubaran gawe, baru deh sholat Ashar.

*Ada juga lho kantor yang menghimbau agar semua karyawannya yang Muslim bisa melaksanakan sholat berjamaah tepat waktu, dan meninggalkan semua pekerjaannya ketika waktu sholat tiba. Subhanallah, masyaallah.

Sholatnya terlalu cepat seperti burung mematuk

Pernahkah anda melihat orang yang sholatnya terlalu cepat? Itulah tanda-tanda orang munafik berikutnya seperti yang dijelaskan dalam Hadits yang diriwayatkan oleh Abu Ya’la, al-baihaqi, dan al-Thabrani.

Dari Abu Abdillah al-Asy’ari RA beliau berkata: “Bahwasanya Rosulullah SAW melihat seorang laki-laki tidak menyempurnakan rukuknya dan waktu sujud (dilakukan cepat seakan-akan) mematuk dalam keadaan dia sholat. Maka Rosulullah SAW bersabda: “Kalau orang ini mati dalam keadaan seperti itu, ia mati di luar agama Muhammad. Ia sujud seperti burung gagak mematuk makanan (perumpamaan orang rukuk tidak sempurna), dan sujudnya seperti orang kelaparan makan sebiji atau dua biji kurma yang tidak mengenyangkannya’.

Malas dan Riya’ dalam sholatnya

Nah, yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita. Berapa sering kita melihat orang-orang yang mengupload fotonya ketika dia sedang sholat? “Cekreeekkkk : Alhamdulillah, baru nyampe rumah langsung sholat”.

Allah berfirman dalam QS An-Nisa’ ayat 142:

“Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk sholat, mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya’ (dengan sholat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali”.

Itulah tadi 5 tanda-tanda orang munafik dalam memperlakukan sholatnya. Ada yang malas, terlalu cepat , suka menunda-nunda, gak mau berjamaah, sampai riya’.

Semoga kita bisa menjauhi perbuatan-perbuatan tersebut dan senantiasa memperbaiki cara sholat kita. Mudah-mudahan seiring makin sempurnanya sholat, kita akan dihindarkan dari sifat-sifat orang munafik, karena Allah mengancam orang-orang munafik dengan siksa neraka Jahannam, sebagaimana yang di firmankan-Nya dalam QS At-Taubah ayat 68:

“Allah mengancam orang-orang munafik laki-laki dan perempuan dan orang-orang kafir denagn neraka Jahannam. Mereka kekal di dalamnya. Cukuplah neraka itu bagi mereka dan Allah melaknat mereka, dan bagi mereka azab yang kekal”.

Semoga ulasan kali ini bisa menjadi bahan instropeksi diri. Silahkan dishare ya…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here