cara menjaga kesehatan ginjal

Gagal ginjal merupakan salah satu penyakit yang cukup merisaukan. Dengan memahami cara menjaga kesehatan ginjal, setidaknya bisa membuat kita terhindar dari penyakit kronis ini.

Seperti kita ketahui, ginjal memiliki fungsi yang cukup vital dalam menjaga metabolism tubuh. Organ ini selain menyaring kadar air berlebih, garam, dan racun dalam darah, juga berperan penting dalam mempengaruhi tekanan darah atau blood pressure.

Untuk menjaga agar organ ini bisa tetap berfungsi dan bekerja dengan optimal, ada beberapa kebiasaan yang bisa kita lakukan.

Cara menjaga kesehatan ginjal dengan 5 perilaku sehat

Berikut ada 5 kebiasaan yang bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari hari untuk menjaga kesehatan organ ginjal anda.

  1. Jaga asupan air dalam tubuh

Menambah asupan air dalam tubuh bisa membantu mencegah pembentukan batu ginjal. Ya, kandungan mineral dengan konsentrat tinggi di dalam saluran kandung kemih bisa saja mengalami pengkristalan.

Dengan mengkonsumsi air minum yang cukup, konsentrasi mineral dalam saluran kandung kemih bisa menurun dengan cukup drastis.

Di sisi lain, berdasarkan ilmu nephrologist, peningkatan jumlah asupan air daam tubuh juga bisa membantu ginjal dalam membersihkan kandungan Sodium, Urea, Creatinin dan Racun dari dalam tubuh sehingga kita bisa terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh gangguan fungsi ginjal.

Sebagai saran, dianjurkan untuk mengkonsumsi air minum setidaknya 2-3 liter sehari agar kondisi ginjal bisa tetap bersih dan sehat.

  1. Konsumsi makanan sehat

Asupan makanan yang mengandung banyak buah, sayur, kacang kacangan, dan makanan lain yang mengandung sedikit lemak sangat membantu fungsionalitas Ginjal.

Di sisi lain, mengurangi konsumsi garam pada makanan kita juga bisa membantu menjaga tekanan darah dan kadar air dalam kondisi seimbang.

Sementara itu, kadar sodium berlebih dalam darah bisa menyebabkan gangguan hipertensi yang merupakan sallah satu factor penyebab gangguan fungsi ginjal.

Sangat disarankan untuk hanya mengkonsumsi sekitar 2 gram sodium dalam makanan kita sehari hari. Serta hindari mengkonsumsi daging dalam jumlah berlebih karena dapat menyebabkan acidosis ketika ginjal gagal melakukan penyaringan kandungan asam luric dalam darah.

Lebih jauh lagi, hindari minuman yang mengandung banyak phosphor atau kapur karena dapat memicu terjadinya penyumbatan dalam saluran kandung kemih.

  1. Berhenti merokok

Perokok aktif maupun pasif keduanya sangat berbahaya bagi fungsi ginjal. Merokok bisa mengganggu fungsi pengobatan untuk menjaga blood pressure atau tekanan darah.

Hal ini bisa jadi memicu terjadinya hipertensi yang merupakan salah satu factor penyebab terjadinya gangguan fungsi ginjal.

Lebih jauh lagi, kandungan chemical dalam asap rokok bisa menghalangi atau bahkan bercampur dengan supply darah ke ginjal yang bisa menyebabkan fungsi organ ini menurun.

Berdasarkan penelitian yang diakukan di Belanda, seorang perokok memiliki kandungan albumin yang tinggi pada urin mereka, serta memiliki tingkat excretion atau pengeluaran Creatinin yang rendah, dimana keduanya menggambarkan penurunan pada fungsi Ginjal.

Nikotin dan tembakau juga memiliki keterkaitan terhadap pembentukan arteriosclerosis pada saluran arteri ginjal bersamaan dengan terjadinya proteinuria alias tingginya kandungan protein pada urine.

  1. Kurangi minuman beralkohol

Kandungan alcohol berlebih pada darah dapat menghalangi kemampuan ginjal dalam mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Dehidrasi juga bisa disebabkan oleh alcohol, dimana bisa merusak struktur organ dalam ginjal itu sendiri. Dehidrasi yang disebabkan oleh alcohol juga menjadi pemicu terbentuknya batu ginjal.

Hasil study menunjukkan bahwa resiko tinggi terhadap gangguan fungsi ginjal bisa terjadi pada seorang alcoholic. Hal ini karena seorang alcoholic sangat rentan terkena diabetes militus dan hipertensi, yang mana keduanya merupakan factor besar penyebab terjadinya gangguan fungsi ginjal.

Di sisi lain, asupan alcohol berlebih juga membuat organ ginjal harus bekerja denagn lebih keras sehingga membuatnya kesulitan untuk menjaga kadar air tetap dalam kondisi seimbang.

  1. Tetap aktif

Hipertensi dan diabetes merupakan faktor terbesar penyebab terjadinya kasus gagal ginjal dengan angka lebih dari 70%.

Sementara itu, Aktifitas fisik seperti olah raga tidak hanya mencegah terjadinya penumpukan lemak pada saluran arteri ginjal, namun bisa juga membantu menjaga tekanan darah dan kadar gula dalam metabolism.

Dengan tetap bergerak aktif, sirkulasi darah akan meningkat dan memaksa tubuh untuk memproses glukosa menjadi energy. Dengan demikian, kadar gula dalam darah akan tteap terjaga.

Baca juga: 5 Tips cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami

Itu tadi cara menjaga kesehatan organ ginjal denagn melakukan  5 kebiasaan sederhana dalam aktivitas sehari hari. Ikuti dan terapkan dalam keseharian anda agar terhindar dari masalah yang disebabkan kegagalan fungsi organ ini.

Jangan lupa share informasi ini ke orang orang terpenting anda ya.

Sumber referensi: doctorasky.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here