cara menurunkan tekanan darah tinggi

Darah tinggi atau hipertensi sering kali memicu terjadinya penyakit kronis seperti Serangan Jantung. Dengan memahami cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami, diharapkan anda bisa terhindar dari penyakit tersebut.

Cara yang paling umum dilakukan banyak orang adalah denagn mengkonsumsi obat obatan penurun tekanan darah tinggi yg kini mudah didapat di apotik.

Namun alangkah baiknya jika kita membiasakan diri dengan pola hidup sehat yang bisa membantu kita menjaga atau menurunkan tekanan darah tinggi secara alami.

Cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami

Berikut di antara aktifitas yang bisa anda lakukan dan biasakan untuk bisa menjaga tekanan darah tinggi agar tidak sampai over alias hipertensi.

  1. Jaga berat badan

Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah menjaga berat badan anda agar tetap ideal. Tekanan darah tinggi biasanya dimiliki oleh seseorang dengan berat badan yang berlebih.

Seseorang yang mengalami obesitas, cenderung merasakan kesulitan saat bernafas maupun kesulitan untuk melakukan aktivitas aktivitas fisik lainnya yang justru bisa membantu menurunkan berat badan.

Coba lakukan beberapa aktivitas fisik yang bisa membantu anda menurunkan berat badan. Penurunan berat badan sebesar 1KG biasanya diikuti dengan penurunan tekanan darah sebesar 1mmhg.

Sementara penurunan berat badan sebanyak beberapa KG dari anda yang mengalami kegemukan, bisa menghasilkan penurunan tekanan darah tinggi yang cukup signifikan.

  1. Olah raga 30 menit setiap hari

Aktivitas olah raga yg rutin dilakukan selama 30 menit tiap hari mampu menurunkan angka tekanan darah tinggi sebesar 5-8 mmhg.

Di sisi lain, aktivitas fisik seperti jogging, renang, senam ataupun tarian yang dilakukan secara rutin juga mampu menjaga tekanan darah seseorang pada level yang stabil/seimbang.

Perlu dicatat bahwa ketika anda berhenti melakukan aktivitas aktivitas rutin tersebut, hal itu bisa memicu peningkatan tekanan darah anda kembali.

  1. Hindari Alcohol dan Rokok

Tahukah kamu bahwa dengan merokok, tekanan darah kamu akan meningkat dalam waktu yang singkat, hanya dalam hitungan menit.

Dengan berhenti merokok, selain menjaga kesehatan fisik secara menyeluruh, juga bisa membuatmu terhindar dari resiko penyakit jantung.

  1. Konsumsi makanan sehat

Dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung buah buahan dan sayur, serta mengurangi makanan yang banyak mengandung lemak bisa menurunkan tekanan darah kamu sebesar 10-11 mmhg.

Disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak potassium yg disinyalir mampu mengurangi efek negative dari sodium pada tekanan darah anda.

Kurangi juga konsumsi garam karena kandungan sodium di dalamnya bisa memicu naiknya tekanan darah anda. Dengan mengurangi konsumsi sodium, tekanan darah anda bisa berkurang sekitar 5-7 mmhg.

  1. Kurangi Stress

Sering berada pada situasi stress mampu menaikkan tekanan darah anda. Bahkan jika tingkat stress anda sudah pada posisi puncak, ditambah lagi dengan perilaku atau pola makan yang gak sehat, merokok, dan minum alcohol, sudah pasti anda akan mengalami gangguan tekanan darah tinggi pada level yang akut.

Cobalah meluangkan beberapa waktu untuk ‘me’ time agar tingkat stress anda bisa menurun. Bercengkerama dengan teman ataupun keluarga dan membicarakan tentang masalah yg anda alami, baik tentang pekerjaan atau hubungan asmara juga disinyalir mampu menghilangkan stress.

Hindari sesuatu yang bisa memicu terjadinya stress dan lakukan aktivitas yang bisa membuat anda lebih rilex juga bisa membuat anda terhindar dari stress.

Baca juga: Cara menjaga kesehatan ginjal dengan 5 aktivitas sederhana

Demikian 5 tips atau cara menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi secara alami yang bisa anda lakukan dalam menjalankan aktivitas sehari hari.

Semoga informasi ini bisa membantu kita untuk lebih berperilaku sehat dan menjadikan kita terhindar dari masalah tekanan darah tinggi.

Silahkan dishare ke orang orang terdekat anda ya.

Sumber dan referensi: doctorasky.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here