Usaha Sampingan Modal Kecil Yang Menghasilkan Banyak Uang

3
304

usaha sampingan modal kecil menghasilkan banyak uang

Ada banyak karyawan kantoran yang merasa bahwa gaji mereka kecil, sehingga masih banyak kebutuhan yang sulit dipenuhi. Karena itu, tidak jarang karyawan kantoran berusaha mencari penghasilan tambahan dengan menjalankan usaha sampingan. Memang usaha sampingan tergolong skala kecil. Namun jika dijalankan dengan sungguh-sungguh, usaha tersebut bisa berubah menjadi skala besar. Jika anda tengah mencari bentuk usaha yang bisa dijadikan sampingan, anda bisa memilih salah satu dari usaha sampingan modal kecil di bidang jasa berikut.

 

Usaha sampingan modal kecil 1 : Laundry

Sekarang ini, usaha laundry kiloan sudah sangat populer, sehingga persaingan tarif pun sangat ketat. Untuk suskses di jalur ini, anda harus pandai mempertimbangkan pangsa pasar. Lokasi dengan banyak mahasiswa dan karyawan sangat tepat untuk usaha laundry. Untuk modal, anda hanya membutuhkan mesin cuci, mesin pengering, setrika, timbangan plastik, dan gaji pegawai jika diperlukan.

 

Usaha sampingan modal kecil 2 : Cuci motor dan mobil

Banyak pemilik kendaraan yang lebih memilih mencuci motor/mobilnya di jasa cuci professional daripada mencuci sendiri, karena hasilnya yang lebih bersih. Untuk pemula, sebaiknya memilih usaha cuci motor saja dulu, karena peralatan yang dibutuhkan lebih sederhana daripada yang dibutuhkan mobil. Anda hanya membutuhkan kompresor, pompa air, sabun motor, kain lap, dan alat semir ban. Jika lokasi rumah anda tidak mendukung, anda bisa menyewa tempat di pinggiran jalan raya atau yang dilalui banyak orang.

 

Usaha sampingan modal kecil 3 : Les Privat

Sejauh ini, jasa les privat banyak ditawarkan oleh para mahasiswa yang ingin menambah tabungan. Anda pun dapat mencoba peluang yang sama. Selain pelajaran sekolah, saat ini pengajar bahasa asing dan musik sangat dicari. Awalnya anda memang harus memulainya dengan mendatangi rumah murid. Namun jika nanti jasa anda sudah mulai dikenal, anda dapat membuka tempat kursus sendiri. Modal yang dibutuhkan pun hanya transportasi jika anda mendatangi murid dan ruang belajar & peralatan tulis jika membua kursus di rumah.

 

Usaha sampingan modal kecil 4 : Penerjemahan

Jasa penerjemahan juga termasuk usaha sampingan modal kecil yang bisa anda coba jika anda menguasai satu bahasa asing. Sebagai pemula, anda bisa memulai dengan menerjemahkan artikel, makalah, skripsi, dan sebagainya. Jika anda memberlakukan tarif Rp 50 per kata dan dalam 1 halaman ada 500 kata, anda sudah mengantongi Rp 25 ribu. Jika anda mampu menyelesaikan 10 halaman per hari, anda sudah mendapatkan Rp 250 ribu. Sangat menarik bukan? Modal yang dibutuhkan pun hanya laptop, koneksi internet, dan printer jika klien membutuhkan hasil cetak.

 

Usaha sampingan modal kecil 5 : Menjahit pakaian

Jika anda memiliki keterampilan menjahit, mengapa tidak mencobanya sebagai usaha sampingan? Untuk tahap awal, anda bisa membeli mesin jahit bekas, mesin obras, dan peralatan lainnya. Selanjutnya cari pelanggan di sekitar anda dan batasi pesanan jahit mengingat ini hanya usaha sampingan. Jika jasa anda sudah mulai dikenal dan memiliki cukup banyak pelanggan, anda bisa memperkerjakan orang dengan kemampuan menjahit yang sesuai dengan keinginan anda.

 

Usaha sampingan modal kecil 6 : Pengetikan

Usaha pengetikan paling laku di lingkungan kampus. Hanya dengan mengetik, anda sudah mendapatkan uang. Biasanya tarif yang digunakan berdasarkan jumlah kata ataupun jumlah halaman. Sebagai modal dasar, anda hanya membutuhkan komputer/laptop, printer, scanner, kertas HVS/A4, dan koneksi internet jika klien meminta anda untuk mencarikan sesuatu di internet.

 

Usaha sampingan modal kecil 7 : Agen pemasaran umroh dan haji

Usaha umroh-haji sangat menggiurkan dan kekal. Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan menjadi agen pemasaran. Dengan menjalankan usaha sampingan modal kecil ini, anda bisa mendapatkan pahala dan komisi. Jika anda sudah pernah umroh/haji, anda lebih mudah menjalankan usaha ini karena sudah mengetahui kondisi riil di lapangan. Namun jika belum, anda tetap bisa mempelajarinya. Carilah biro umroh dengan reputasi baik lalu sampaikan bahwa anda ingin menjadi agen pemasaran mereka.

Itulah beberapa usaha sampingan yang bisa anda pertimbangkan untuk menambah pundi-pundi penghasilan anda. Untuk anda yang memiliki minat lebih dalam menjalankan bisnis online, silahkan mengunjungi salah satu blog saya yang khusus membahas mengenai bagaimana menjalankan bisnis online beserta informasi beberapa bisnis online terbaik di pasaran. Langsung saja ke bisnisaffiliasi.com.

3 COMMENTS

  1. masih ada satu lagi mas..dan modalnya paling minim menurutku.. jadi makelar atau perantara mas.. usaha ini tidak perlu modal banyak hanya kemampuan bicara dan mencari informasi. tentu jika dibanding yang lain usaha ini jadi paling sedikit modalnya.. 🙂

    • Nah, bener tuh. istilahnya hanya modal ‘NGEMENG’ aja, hahaaaa.
      kalau dalam bahasa kerennya sih namanya bisnis afiliasi, dan itu yang saya coba share di salah satu blog saya bisnisaffiliasi.com yang mengulas beberapa peluang bisnis afiliasi yang ada di market.

    • Betul gan. Sebelah kost an temen saya aja baru buka lagi tuh jasa laundry. Spertinya bisnis ini cepet BEP nya. baru buka aja udah ramenya minta ampun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here