Teknologi Virtual Reality yang mencengangkan

0
352

teknologi virtual reality

Keberadaan teknologi virtual reality makin menggema akhir-akhir ini dengan kehadiran beberapa vr game dan vr headset baru di pasaran. Tidak tanggung-tanggung, pabrikan asal negeri bambu alias China juga getol meluncurkan beberapa vr headset nya dengan harga terjangkau. Lalu, apa sih yang special dari teknologi virtual reality ini? Mari kita simak beberapa penjelasan berikut.

 

Mengenal teknologi virtual reality

Teknologi ini membuat kita seakan-akan berada pada satu dimensi dengan adegan di film dan vr game. Kalau biasanya kita ‘menonton’ film atau main game dengan melototin layar lebar, dengan teknologi virtual reality ini, kita seakan-akan berada dalam satu scene dan menjadi bagian dari adegan itu. Jadi, setiap adegan film maupun game tersebut serasa benar-benar kita rasakan layaknya kejadian beneran yang kita alami. Asik bukan?

 

Dukungan gadget canggih untuk merasakan teknologi virtual reality

Untuk merasakan sensasi ‘nyata’ dari teknologi ini, anda harus menyediakan beberapa perangkat canggih seperti VR headset, Smart phone, serta aplikasi video maupun vr game dari sisi software.

Salah satu perangkat VR headset yang terkenal adalah Oculus Rift. Dengan resolusi tertinggi di kelasnya, penggunaan Oculus Rift bisa memberikan pengalaman ‘nyata’ saat menikmati film maupun vr game. Namun sayangnya, untuk bisa menikmatinya, anda harus rela merogoh kocek sekitar 8 juta rupiah. Untuk mengetahui detail dari produk Oculus Rift ini, silahkan mengacu ke website resminya.

Untuk anda yang memiliki budget ‘menengah’ bisa menggunakan VR Headset dari Samsung yang bernama Samsung Gear VR. Produk ini bisa anda dapatkan dengan harga 1,5 jutaan. Jika penggunaan Oculus Rift harus di tandem dengan laptop, maka untuk Samsung Gear VR ini harus ditandem dengan Smart Phone dari Samsung. Adapun Smart phone yang mendukung penggunaan alat ini antara lain Samsung Galaxy S5, S6, S6 Edge, S7, dan S7 Edge. Walaupun harga Headsetnya cukup terjangkau, namun nyatanya harga Smartphone Samsung yang mensupport penggunaan alat tersebut cukup menguras kantong juga, heheeee. Anda bisa mendapatkan Samsung Gear VR melalui link berikut Samsung Gear VR Lazada

Nah, untuk anda yang memiliki budget pas-pasan, bisa mencoba menggunakan VR headset dengan harga terjangkau seperti Google cardboard, VR Box, Shinecon, dan masih banyak lagi. Anda bisa mendapatkan produk-produk tersebut mulai dari harga 200 ribuan saja dan alat ini bisa ditandem dengan smart phone android dengan sistem operasi minimum android versi 4.1, memiliki layar sekitar 3,5” – 5,5” , dan paling penting memiliki Gyro sensor. Sensor ini berfungsi untuk menentukan posisi kepala anda, apakah itu menghadap ke kanan, kiri, depan, belakang, atas, maupun bawah. Jika smartphone anda memiliki fitur-fitur tersebut, bisa dipastikan compatible untuk penggunaan vr headset di atas. Namun untuk lebih pastinya, silahkan mengacu pada buku panduan masing-masing headset VR.

 

Aplikasi VR yang layak dicoba

Dari sisi software, anda bisa mendapatkan beberapa aplikasi berbasis VR melalui Google Play Store. Sebagian besar bisa anda dapatkan secara gratis, namun beberapa di antaranya berbayar.

Salah satu aplikasi yang saya rekomendasikan untuk merasakan sensasi teknologi virtual reality adalah aplikasi Fulldive. Anda bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis melalui google play store. Dengan aplikasi ini, anda bisa menonton koleksi video di smartphone anda dengan kemegahan layar lebar tepat di depan mata anda. Anda juga bisa menonton video dengan teknologi 360°, artinya anda bisa melihat video secara menyeluruh baik dari sisi depan, belakang, kanan, kiri, atas, dan bawah. Jadi tidak hanya terbatas pada pandangan layar depan layaknya nonton video ‘biasa’.

Bagi pecinta game, anda bisa memainkan VR game dan merasakan sensasi nyata dari setiap adegan game vr yang anda mainkan. Pastikan untuk mendownload aplikasi game yang mendukung teknologi virtual reality. Anda bisa mendapatkannya di google play store baik secara gratis maupun berbayar.

Dan yang terakhir, untuk anda pecinta film ‘dewasa’ kini hadir video plus-plus dengan fitur VR. Anda bisa merasakan sensasi menjadi ‘aktor’ dalam setiap adegan plus-plus tersebut. Keberadaan wanita yang menjadi lawan ‘main’ anda benar-benar terasa nyata berada di depan anda, bahkan seolah-olah anda bisa menyentuh dan memegangnya. Wow, benar-benar pengalaman yang mencengangkan. Salah satu website penyedia konten video VR ‘dewasa’ ini adalah virtualrealp*rn.com.

Demikian review singkat mengenai teknologi virtual reality yang bisa anda coba, baik untuk menikmati video maupun vr game. Rasakan sensasi nyata dari teknologi ini, dan pastikan untuk memilih gadget yang sesuai dengan budget anda. Jangan memaksakan diri ya, heheee.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here