Review dan unboxing handycam sony hdr cx 405

0
770

handycam sony hdr cx 405 review

Handycam Sony HDR cx 405 merupakan camcorder besutan Sony untuk kelas pemula. Dengan dibekali fitur menarik serta desain yang compact, camcorder ini banyak diserbu mereka yang ingin upgrade kualitas video, di mana sebelumnya hanya mengandalkan kamera hand phone untuk merekam momen-momen di sekitar kehidupan mereka.

Tidak bisa dipungkiri, meski banyak vendor smart phone telah membekali gadget mereka dengan kamera yang berkualitas, namun hasil rekaman video bisa dibilang masih kalah dengan camcorder (tentunya tergantung specs juga sih). Termasuk saya sendiri yang sebelumnya mengandalkan kamera hanphone untuk membuat video-video untuk keperluan channel youtube saya. Hasilnya masih banyak ditemukan vibration atau getaran sehingga ‘memaksa’ saya untuk membeli camcorder Sony ini. Selain harganya yang sangat terjangkau, emblem dari merk ternama ‘Sony’ ini seakan menjadi jaminan tersendiri akan kualitasnya. Lalu, apa saja kelengkapan, fitur, serta bagaimana kualitas video yang dihasilkan oleh handycam/camcorder ini? Simak uraian berikut.

 

Paket Kelengkapan Handycam Sony HDR cx 405

Beberapa situs e-commerce menawarkan produk ini dengan rentang harga sekitar 2,4 – 2,7 juta rupiah. Beruntungnya, saya mendapatkan produk ini seharga 2,35 juta rupiah saja, itu pun dengan jaminan garansi resmi dari Sony Indonesia. Dan berikut adalah beberapa kelengkapan yang ada dalam paket penjualan yang saya terima :

  • 1 unit handycam sony HDR cx 405
  • 1 pcs sony micro SD 8GB
  • 1 pcs usb charger
  • 1 pcs usb cable extension
  • 1 pcs battery NP-BX1
  • 1 pcs kabel HDMI
  • Kartu garansi resmi dari Sony Indonesia + Amplop
  • Buku manual (beberapa Bahasa termasuk Indonesia, Inggris, China, Arab)

kelengkapan handycam sony hdr cx 405

Meski terkadang paket penjualan bisa berbeda antara seller 1 dengan lainnya, pastikan anda mendapatkan kartu garansi resmi dari Sony Indonesia. Hal ini sangat penting untuk keperluan ke depannya jika camcorder anda mengalami problem atau kerusakan. Itung-itung untuk menghemat biaya servis atau penggantian komponen.

 

Fitur yang tersedia pada Handycam Sony HDR cx 405

Seperti camcorder atau handycam pada umumnya, produk ini selain bisa digunakan untuk merekam video juga bisa digunakan untuk mengambil gambar alias foto. Yang menjadi special adalah kekuatan lensa kameranya yang mampu mengabadikan gambar dengan resolusi hingga 9,2 MP. Sebuah angka yang terbilang cukup tinggi dibandingkan dengan para kompetitornya.

Selain itu, kemampuan zoom juga ditingkatkan menjadi 60x clear image zoom. Artinya, kita tetap bisa mengambil gambar dengan kualitas bagus meski sedang menggunakan fitur zoom ini selama dalam range yang ditentukan (60x). Selebihnya, kualitas gambar akan terus menurun seiring dengan penggunaan fitur digital zoom hingga ratusan kali.

Dari sisi video, produk ini bisa menghasilkan kualitas yang mumpuni dengan resolusi 1920×1080 dan frame rate sebesar 25 fps dengan format AVCHD. Saat selesai merekam, anda bisa menemukan 2 file dengan format MP4 dan MTS, sehingga sangat memudahkan kita untuk memutarnya langsung di smart phone, TV, maupun untuk keperluan upload di situs jejaring sosial. Namun jika ingin lebih professional lagi, kita juga bisa melakukan editing file MTS menggunakan adobe premier atau sejenisnya untuk kebutuhan channel youtube kita misalnya.

Berikut adalah beberapa fitur yang terdapat pada handycam sony HDR cx 405 ;

  • 9,2 MP still image recording
  • 60x clear image zoom
  • 26,8 mm wide angle lens
  • MP4 dual video recording
  • Optical steady shot
  • Full HD video 1920×1080
  • Battery NP-BX1 yang handal (hingga 115 menit)

Sayangnya, handycam ini tidak dilengkapi dengan input external mic sehingga kualitas suara benar-benar mengandalkan built in microphone yang ada di bagian depan (tepat di bawah lensa). Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat video review produk ini yang saya buat untuk channel youtube saya

Kesimpulan

Fitur mumpuni, harga terjangkau, hingga membawa brand yang kuat sekelas Sony membuat handycam Sony HDR cx 405 ini banyak diminati oleh mereka yang ingin mendapatkan kualitas video di atas rata-rata camcorder sekelasnya. Namun sayangnya dengan ketiadaan input mic external sedikit mengurangi kesan ‘Komplit’ dari handycam kelas pemula ini.

Untuk anda yang ingin sedikit beranjak ke kelas semi professional, anda bisa mempertimbangkan penggunaan kamera DSLR Canon EOS 700D yang dari sisi kualitas gambar dan video jauh di atas camcorder ini. Anda bisa melihat reviewnya melalui link Canon EOS 700D kamera DSLR untuk pemula murah dan terbaik di kelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here