Pentingnya melakukan perawatan berkala pada mobil anda

0
900

pentingnya melakukan perawatan berkala pada mobil

Tak sedikit orang yang mengesampingkan perawatan mobil yang dilakukan secara berkala. Mengisi bahan bakar, mengganti oli, dan melakukan service ketika mobil terasa tidak nyaman dipakai, sepertinya sudah cukup untuk membuat mobil tetap menyala. Kesibukan yang terlalu padat pun sering menjadi alasan untuk menunda mengantarkan mobil kesayangan menuju ke bengkel.

Padahal, servis atau perawatan mobil berkala ini adalah hal yang sangat penting. Servis berkala tidak hanya bertujuan untuk sekedar mengisi catatan pada buku perawatan berkala mobil. Lebih dari itu, perawatan berkala yang dilakukan untuk mobil kesayangan Anda. Ini sangat penting untuk menjaga performanya sehingga mobil selalu dalam kondisi prima.

Mobil yang rutin mendapat perawatan berkala akan lebih aman bila dikendarai, terutama ketika Anda melakukan perjalanan jarak jauh. Anda tentu tahu bukan kalau setiap komponen mobil memiliki masa pakai yang terbatas. Karenanya, ketika Anda membawa mobil untuk melakukan perawatan berkala, maka para dokter mobil yang ada dibengkel dapat memberi tahu Anda komponen mana saja yang perlu diganti.

Hmm, apakah perawatan mobil berkala itu sungguh penting? Agar lebih yakin, simak apa manfaatnya berikut ini ya.

 

Membantu Anda Menghemat Pengeluaran

Tak sedikit pemilik mobil yang menghindari perawatan berkala karena alasan ongkos. Padahal, bila anda melakukan perawatan mobil berkala, biaya yang harus Anda keluarkan justru lebih kecil. Kenapa? Ini karena kondisi kendaraan akan diketahui secara lebih menyeluruh secara rutin.

Ketika petugas bengkel menemukan komponen yang rusak, maka Anda bisa segera menggantinya. Dengan deteksi awal kerusakan komponen ini, maka mobil Anda akan terhindar dari risiko kerusakan yang lebih parah. Tentunya, bila kerusakan semakin parah, biaya servis selanjutnya juga akan lebih mahal.

 

Performa mobil lebih terjaga

Sekali lagi, komponen mobil ada masa aktifnya dan akan rusak ketika semakin lama dipakai atau pun semakin sering digunakan. Misalnya saja, kampas rem yang semakin menipis, maka harus segera diganti agar tidak mengakibatkan kerusakan yang lebih parah pada remnya. Begitu juga, pada saringan udara yang kotor dan lainnya.

Ketika dilakukan perawatan berkala, maka komponen yang rusak dan bermasalah dapat segera diganti atau dibersihkan. Dengan begitu, mesin mobil dan performa mobil secara keseluruhan juga dapat lebih terjaga.

 

Berkendara Lebih Aman dan Nyaman

Keamanan tentu jadi hal utama dalam berkendara bukan? Nah, perawatan mobil yang dilakukan secara berkala ini pun juga akan lebih memaksimalkan keamanan Anda dalam berkendara, sekaligus meningkatkan kenyamanannya. Ketika perawatan berkala dilakukan, maka Anda bsia segera mengetahui bila ada sistem rem yang tidak bekerja degnan baik. Sebab, rem adalah salah satu hal utama dalam keamanan berkendara.

 

Mengurangi Risiko Mogok

Anda tentu tidak ingin jika perjalanan Anda terganggu karena mogok bukan? Apalagi, ketika Anda hendak menghadiri acara penting dan mendesak. Belum lagi, bila kondisi ini terjadi di tempat yang tidak Anda kenali dan sepi. Hmm, pasti Anda akan sangat panik dan jengkel bukan?

Jika Anda tidak rajin mengecek kondisi mobil secara berkala, maka hal ini sangat mungkin terjadi. Pasalnya, banyak hal yang bisa memicu mobil mengalami mogok mendadak. Misalnya saja karena kondisi aki yang lemah, sistem pengisian yang tidak normal, plat kopling yang sudah habis dan sebagainya.

 

Membuat Nilai Jual Kembali Mobil Anda Lebih Tinggi

Mobil yang rutin mendapatkan perawatan secara berkala akan membuat umur mobil lebih lama. Selain itu, berbagai manfaat yang telah disebutkan sebelumnya juga bisa Anda nikmati. Artinya, mobil Anda akan lebih sehat. Mobil yang sehat tentu akan lebih menarik bagi para pembeli.

Tentu, jika Anda ingin menjual mobil Anda, hal ini akan sangat menguntungkan. Anda bisa menegaskan bahwa Anda memberikan perawatan yang rutin dan baik bagi mobil kesayangan Anda sehingga performanya pun dapat lebih baik. Dengan begitu, nilai jual kembali mobil Anda juga akan bisa lebih tinggi. Bagaimana? menarik bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here