Penanganan mobil tidak bisa distarter

0
1173

penanganan mobil tidak bisa distarter

Mobil tidak bisa distarter menjadi salah satu masalah yang sering dialami oleh masyarakat pengguna kendaraan ber-roda empat ini. Bahkan berdasarkan report dari salah satu layanan emergency kendaraan bermotor di Jakarta, 60% dari pelanggan yang ditangani kebanyakan mengalami keluhan mogok karena tidak bisa distarter.

Bukan hanya dialami oleh kendaraan produksi tahun lama, masalah ini juga sering dialami oleh kendaraan baru. Hal ini berkaitan dengan penggunaan sistem komputerisasi yang semakin canggih serta tersedianya perlengkapan elektronik dan elektrik dalam fitur kendaraan yang semakin komplit, yang tentunya dapat menambah konsumsi dari penggunaan arus baterai kendaraan. Belum lagi jika pemilik kendaraan masih menambahkan berbagai aksesoris lainnya seperti penggantian lampu utama dengan daya yang lebih besar, penambahan sound sistem, alarm, dan semacamnya.

Mobil tidak bisa distarter pada unit matic

Untuk anda pengguna kendaraan matic, ada satu hal yang perlu anda ketahui yakni tentang penggunaan komponen ‘Range switch’ yang mengontrol aliran arus starter. Komponen ini menjamin bahwa proses starter hanya bisa dilakukan jika tuas transmisi berada pada posisi P atau N. Hal inilah yang menyebabkan kendaraan anda tidak bisa distarter jika tuas transmisi berada pada posisi selain P dan N.

Namun demikian, ada kalanya kendaraan anda tetap tidak bisa distarter meskipun posisi tuas transmisi sudah berada pada posisi P atau N. Dalam kondisi seperti ini, anda perlu memperhatikan suara saat distarter, apakah ada suara seperti ‘ctek-ctek’ atau tidak ada suara sama sekali. Jika ada suara ctek-ctek, bisa jadi problemnya dari aki yang sudah lemah. Jika demikian maka harus dilakukan jumper dengan menghubungan kabel khusus dari aki kendaraan kita ke aki kendaraan lain (minta tolong Taxi yang lewat aja) karena biasanya mereka (Sopir taxi) menyediakan kabel jumper ini pada kendaraannya.

Namun jika tidak ada suara sama sekali saat distarter, bisa jadi problemnya dari Range Switch tadi. Untuk menanganinya, silahkan kunci kontak diputar ke posisi ON, injak pedal rem, dan gerakkan tuas transmisi beberapa kali dari posisi P ke posisi paling bawah. Hal ini dimaksudkan untuk membersihkan kontak dari range switch sehingga aliran arus starter bisa diaktifkan. Setelah proses geser menggeser tuas tadi, sekarang silahkan tuas diposisikan ke posisi P atau N dan coba distarter lagi. Jika bisa distarter, maka dipastikan komponen range switch tadi kotor. Silahkan dibawa ke dealer terdekat untuk dilakukan proses pembersihan agar tidak terulang lagi problem serupa.

Mobil tidak bisa distarter pada unit manual

Jika mobil anda bertransmisi manual dan tidak bisa distarter, langkah pertama pastikan dulu suara yang timbul saat dilakukan starter. Jika terdengar bunyi ‘ctek-ctek’, kemungkinan kondisi aki sudah lemah. Lakukan jumper dengan kendaraan lain untuk penanganan sementara. Namun jika sudah dipastikan kalau akinya soak, tidak ada salahnya anda melakukan penggantian aki. Untuk memastikannya, silahkan nyalakan lampu utama saat proses starter. Jika lampunya redup atau ngeblitz saat distarter, bisa jadi akinya memang sudah soak.

Namun jika tidak ada suara sama sekali saat distarter, periksa sistem alarm yang terpasang di mobil. Coba tekan-tekan tombol pada remote alarm sambil dicoba untuk distarter kembali. Sistem alarm ini fungsinya hampir sama dengan range switch pada mobil matic, yaitu memutus aliran arus ke sistem starter.

Mobil sering kali mengalami problem tidak bisa distarter

Jika kendaraan anda sering kali mengalami problem ini, maka perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Berikut beberapa areanya :

  • Terminal aki. Periksa terminal aki apakah ada koneksi yang longgar atau ada karatan pada terminal-terminalnya. Pastikan kondisinya kencang dan bersih dari karat.
  • Alternator atau Dinamo isi. Komponen ini berfungsi untuk melakukan pengisian daya aki selama kendaraan dinyalakan. Jika ada masalah pada komponen ini, aki kendaraan akan sering mengalami soak. Baru ganti aki, eh sekarang udah soak lagi.
  • Motor starter. Komponen ini berfungsi untuk menggerakkan flywheel saat proses starter. Jika komponen ini bermasalah, maka mesin tidak bisa diputar atau diengkol. Biasanya komponen ini mengalami kerusakan pada area solenoidnya. Minta Teknisi untuk memeriksa komponen ini jika mobil anda sering tidak bisa distarter padahal kondisi aki bagus.

Kesimpulan

Problem mobil tidak bisa distarter bisa disebabkan oleh beberapa hal. Pahami gejala dan proses penanganan yang tepat agar anda terhindar dari pengeluaran biaya towing atau panggil Teknisi. Perawatan yang rutin juga bisa mengurangi resiko ini karena tentunya akan dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh oleh Teknisi di Dealer. Terlebih belakangan ini sudah diterapkan pemeriksaan aki setiap kali kendaraan baru saja masuk ke Dealer seperti yang dilakukan di seluruh jaringan Dealer resmi mobil Honda. Baca juga artikel mengenai Pentingnya melakukan perawatan berkala.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here