Manfaat jeruk nipis untuk wajah dan kesehatan kulit

0
380

manfaat jeruk nipis untuk wajah dan kesehatan kulit

Manfaat jeruk nipis untuk wajah dan kesehatan kulit memang sudah tidak diragukan lagi. Banyak artikel yang menjelaskan keabsahannya. Namun demikian, sebenarnya masih terdapat beragam manfaat lain dari buah dengan nama latin Citrus Aurantifolia ini, mulai dari kesehatan rambut, program diet, dan berbagai manfaat kesehatan tubuh lainnya. Itulah yang membuat buah yang satu ini layak menjadi penghuni tetap dapur anda, hehee.

Dalam artikel kali ini, saya akan coba merangkum berbagai manfaat jeruk nipis mulai dari kesehatan wajah, kulit, rambut, program diet, hingga manfaat lain dari kandungan buah ini. Sehingga diharapkan mampu membuka pikiran anda tentang pentingnya menyimpan buah yang satu ini di rumah anda (di dapur maupun di kebun). Apa lagi dalam hal ketersediaan, buah ini sangat mudah didapat dan dibeli dengan harga cukup terjangkau di market. Sudah siap? Mari kita simak baik-baik ulasan berikut.

Manfaat jeruk nipis untuk wajah dan kesehatan kulit

Seperti yang sudah saya sampaikan dalam pembukaan artikel di atas, salah satu manfaat jeruk nipis yang cukup popular adalah untuk kesehatan wajah dan kulit. Bagi anda yang memiliki masalah pada kulit dan wajah seperti timbulnya jerawat, bintik hitam, kulit kusam, flek hitam, pori-pori besar, dan kering bisa memanfaatkan penggunaan jeruk nipis ini.

  • Menghilangkan jerawat dan bekas noda
    perlu diketahui bahwa jerawat dan noda yang muncul di area wajah bisa disebabkan oleh kotoran dan sel kulit mati serta minyak yang menyumbat pori-pori kulit. Itulah mengapa orang yang memiliki kulit berminyak cenderung lebih mudah terkena jerawat.
    Di sisi lain, bakteri yang muncul di dalam pori-pori tersebut sering kali menimbulkan peradangan hingga menyebabkan nyeri dan kemerahan. Nah, kandungan antibiotic dalam jeruk nipis ini disinyalir mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat tersebut. Bahkan akan semakin baik jika dikombinasikan dengan penggunaan madu yang bisa mencegah pertumbuhan bakteri.
    Penggunaan : Oleskan campuran air jeruk nipis dan madu pada jerawat atau luka bekas jerawat dan lakukan pemijatan ringan.
  • Menghilangkan bintik dan flek hitam
    Jeruk nipis juga disinyalir berfungsi sebagai agen pemutih yang bisa meringankan bintik-bintik maupun flek hitam pada kulit.
    Penggunaan : Oleskan air perasan jeruk nipis ke area kulit yang mengalami bintik-bintik hitam dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Selama pengaplikasian, pastikan anda tidak bersentuhan langsung dengan sinar matahari karena kandungan air jeruk bisa membuat tingkat sensitivitas kulit meningkat jika terkena sinar matahari. Sementara untuk mengatasi flek hitam, campurkan perasan air jeruk nipis dengan adonan tepung hingga berbentuk pasta. Oleskan pasta ini ke area kulit wajah dan biarkan mengering. Cuci muka anda dengan air mengalir dan lakukan metode ini setiap minggunya untuk mendapatkan hasil yang optimal.
  • Mencerahkan kulit wajah
    Kandungan astringent pada jeruk nipis berfungsi untuk mengencangkan pori-pori dan membuat kulit terasa kencang. Sementara kandungan asam sitrat berfungsi untuk mengupas sel-sel kulit mati. Dengan demikian, pengaplikasian jeruk nipis bisa membantu mencerahkan kulit wajah anda.
    Penggunaan : Oleskan air hangat yang sudah dicampur dengan perasan jeruk nipis pada kulit.

Manfaat jeruk nipis untuk rambut

Selain memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kulit, jeruk nipis juga memiiki khasiat cukup ampuh untuk kesehatan rambut anda mulai dari menghilangkan ketombe, melawan warna kusam, hingga untuk kesuburan rambut itu sendiri.

  • Melawan dan menghilangkan ketombe
    Untuk yang satu ini sudah tidak diragukan lagi. Banyak produk shampoo di pasaran menggunakan ekstrak buah ini sebagai salah satu bahan nutrisi pelawan ketombe. Basuh rambut anda dengan air hangat yang sudah dicampur dengan perasan jeruk nipis dan diamkan beberapa menit sebelum dibilas denagn air dingin. Disarankan anda membilasnya dengan shampoo yang mengandung jeruk nipis untuk menambah kesegaran kulit kepala anda.
  • Membuat warna rambut lebih cerah
    Untuk membuat warna rambut semakin cerah, oleskan perasan jeruk nipis pada rambut dan diamkan di bawah sinar matahari selama kurang lebih 30 menit sampai 1 jam. Bilas setelahnya.
  • Merangsang pertumbuhan rambut
    Kandungan vitamin C yang berlimpah disinyalir bisa membantu merangsang pertumbuhan rambut baru. Hal ini akan sangat membantu anda yang memiliki masalah kerontokan atau kebotakan.

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan

Meski sangat familiar dengan gelarnya sebagai salah satu jenis buah dengan manfaat terbaik untuk kecantikan, ternyata jeruk nipis masih memiliki beragam manfaat lain untuk kesehatan tubuh kita, diantaranya ;

  • Melawan kanker
    Kandungan Flavoid yakni zat anti kanker yang terdapat pada jeruk nipis sangat berkhasiat untuk mencegah kerusakan sel. Jadi cobalah untuk mengkonsumsi jeruk nipis secara berkala untuk mendapatkan manfaat tersebut.
  • Efektif mencegah serangan jantung
    Kandungan serat larut yang dimiliki jeruk nipis dapat menjaga kadar gula darah. Hal ini membuat tekanan darah menjadi lebih rendah dan mampu menghilangkan LDL atau kolesterol jahat. Lebih jauh lagi, serat larut ini juga dapat mengurangi peradangan pada pembuluh darah yang disinyalir sebagai pemicu serangan jantung dan stroke.
  • Meredakan gangguan pernafasan
    Obat-obatan seperti salep dan inhaler banyak diproduksi menggunakan minyak flavonoid yang nerupakan hasil extract dari jeruk nipis. Dengan menghirup aromanya, bisa membantu anda mengurangi rasa mual dan sesak.
  • Mencegah radang sendi
    Asam urat berlebih pada tubuh yang seharusnya dibuang bersamaan dengan proses kencing ini menjadi salah satu pemicu radang sendi. Dengan kandungan asam sitrat pada jeruk nipis, diharapkan mampu melarutkan asam urat ini sehingga dapat lebih mudah terbuang bersamaan dengan proses buang air kecil.

Kesimpulan tentang manfaat jeruk nipis

Meski memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh kita, konsumsi jeruk nipis secara berlebih juga dapat memberikan efek tidak baik bagi kesehatan. Diantaranya adalah gangguan asam lambung bagi yang mengkonsumsinya di luar batas normal, serta peradangan kulit jika diaplikasikan langsung ke pemilik kulit sensitive. Jadi pastikan takaran dan penggunaan jeruk nipis disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing individu.

Demikian ulasan mengenai manfaat jeruk nipis yang sangat beragam. Baca juga artikel mengenai Tips membuat bibir merah alami dengan 5 bahan sederhana. Berikan komentar anda dan jangan lupa dishare jika dirasa bermanfaat.

*Sumber : http://manfaat.co.id/manfaat-jeruk-nipis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here