Manfaat jeruk nipis untuk wajah dan kesehatan kulit

0
432

Manfaat jeruk nipis untuk wajah dan kesehatan kulit memang sudah tidak diragukan lagi. Banyak artikel yang menjelaskan keabsahannya.

Namun demikian, sebenarnya masih terdapat beragam manfaat lain dari buah dengan nama latin Citrus Aurantifolia ini, mulai dari kesehatan rambut, program diet, dan berbagai manfaat kesehatan tubuh lainnya. Itulah yang membuat buah yang satu ini layak menjadi penghuni tetap dapur anda, hehee.

Dalam artikel kali ini, saya akan coba merangkum berbagai manfaat jeruk nipis mulai dari kesehatan wajah, kulit, rambut, program diet, hingga manfaat lain dari kandungan buah ini.

1Manfaat jeruk nipis untuk wajah dan kesehatan kulit

Seperti yang sudah saya sampaikan dalam pembukaan artikel di atas, salah satu manfaat jeruk nipis yang cukup popular adalah untuk kesehatan wajah dan kulit.

Bagi anda yang memiliki masalah pada kulit dan wajah seperti timbulnya jerawat, bintik hitam, kulit kusam, flek hitam, pori-pori besar, dan kering bisa memanfaatkan penggunaan jeruk nipis ini.

  • Menghilangkan jerawat dan bekas noda
    perlu diketahui bahwa jerawat dan noda yang muncul di area wajah bisa disebabkan oleh kotoran dan sel kulit mati serta minyak yang menyumbat pori-pori kulit. Itulah mengapa orang yang memiliki kulit berminyak cenderung lebih mudah terkena jerawat.

    Di sisi lain, bakteri yang muncul di dalam pori-pori tersebut sering kali menimbulkan peradangan hingga menyebabkan nyeri dan kemerahan. Nah, kandungan antibiotic dalam jeruk nipis ini disinyalir mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat tersebut.

    Bahkan akan semakin baik jika dikombinasikan dengan penggunaan madu yang bisa mencegah pertumbuhan bakteri.
    Penggunaan : Oleskan campuran air jeruk nipis dan madu pada jerawat atau luka bekas jerawat dan lakukan pemijatan ringan.

  • Menghilangkan bintik dan flek hitam
    Jeruk nipis juga disinyalir berfungsi sebagai agen pemutih yang bisa meringankan bintik-bintik maupun flek hitam pada kulit.

    Penggunaan : Oleskan air perasan jeruk nipis ke area kulit yang mengalami bintik-bintik hitam dan diamkan selama kurang lebih 30 menit.

    Selama pengaplikasian, pastikan anda tidak bersentuhan langsung dengan sinar matahari karena kandungan air jeruk bisa membuat tingkat sensitivitas kulit meningkat jika terkena sinar matahari.

    Sementara untuk mengatasi flek hitam, campurkan perasan air jeruk nipis dengan adonan tepung hingga berbentuk pasta. Oleskan pasta ini ke area kulit wajah dan biarkan mengering. Cuci muka anda dengan air mengalir dan lakukan metode ini setiap minggunya untuk mendapatkan hasil yang optimal.

  • Mencerahkan kulit wajah
    Kandungan astringent pada jeruk nipis berfungsi untuk mengencangkan pori-pori dan membuat kulit terasa kencang.

    Sementara kandungan asam sitrat berfungsi untuk mengupas sel-sel kulit mati. Dengan demikian, pengaplikasian jeruk nipis bisa membantu mencerahkan kulit wajah anda.
    Penggunaan : Oleskan air hangat yang sudah dicampur dengan perasan jeruk nipis pada kulit.

Back

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here