Makanan enak di Jakarta dekat kost mangga besar

0
695

makanan enak di jakarta dekat kost mangga besar

Bingung cari makanan enak di Jakarta? Jangan khawatir, pada postingan kali ini saya akan share mengenai beberapa tempat yang menjual makanan enak khususnya untuk kamu yang tinggal atau kost di daerah Mangga Besar. Yupz, jika biasanya kamu mengandalkan restoran makan cepat saji seperti KFC, McD, Solaria, dan beberapa lainnya yang bertebaran di daerah mangga besar, kali ini saatnya kamu mencoba beberapa makanan yang lebih merakyat tapi terasa nikmat di lidah.

Review ini berdasarkan pengalaman pribadi penulis selama tinggal atau kost di Mangga Besar dalam beberapa tahun terakhir. Jadi masalah harga pastinya sangat terjangkau untuk ukuran anak kost, hehee. Ya meskipun masih sering mengandalkan layanan home delivery dari restoran cepat saji, khususnya kala lapar ‘melilipir’ atau menghampiri di malam hari, namun beberapa penjual makanan berikut masih menjadi favorit saya untuk makan siang atau sekedar ngemil.

 

Makanan enak di Jakarta – Dapur Bang Memed

makanan enak di jakarta dapur bang memed

Jika sebelumnya kamu membaca artikel mengenai Info Kost Mangga Besar, maka Dapur Bang Memed ini lokasinya tidak berjauhan dari Kost Imperial tersebut. Ya, anda tinggal berjalan sekitar 25 meter saja untuk mencapai tempat makan ini. Tempatnya terbilang sederhana layaknya ‘warung’ makan biasa, namun soal rasa boleh lah diadu. Pastikan anda tidak datang saat tepat jam makan siang, karena bisa dipastikan banyak antrian yang menunggu entah itu untuk dibungkus maupun makan di tempat. Datang beberapa menit menjelang jam makan siang akan lebih baik untuk menghindari antrian.

Masakan yang disajikan di Dapur Bang Memed ini masih beraliran sunda yang khas dengan sambal dan lalapannya. Menu special yang saya rekomendasikan adalah ayam bakar dan tempe penyet. Ada juga ‘Teroris’ atau campuran terong iris dan teri yang disambal goreng pedas. Untuk yang satu ini khusus untuk anda yang doyan dengan masakan pedas, karena kalau tidak siap-siap saja meringis dan keringetan, hahaaaa.

Masih banyak menu lain yang bisa anda cicipi di sini, mulai dari bebek bakar, bebek goreng, ayam goreng kalasan, ikan bakar, tumis kangkung, tumis genjer, sambal goreng pare, capcay, sayur asem, tahu tempe, ati ampela, dan masih banyak lainnya. Pokoknya sangat cocok untuk anda yang suka dengan masakan sunda, lalapan, dan rasa pedas. Satu hal yang perlu anda ketahui adalah Dapur bang Memed ini tutup setiap hari Jum’at di minggu pertama setiap bulannya. Jadi jangan datang dihari tersebut jika anda tidak ingin kecewa, ok.

 

Bakso Ria Wonogiri

makanan enak di jakarta bakso ria wonogiri

Masih di sekitar Kost Imperial, anda juga bisa menemukan Bakso Ria Wonogiri yang terletak berjejeran dengan Dapur Bang Memed tadi. Lokasinya sekitar 20 meter dari Kost Imperial dan 10 meter dari Dapur Bang Memed. Tempat ini layak didatangi untuk sekedar ngemil khususnya bagi anda yang suka dengan makanan berkuah ini. Lebih nikmat lagi jika disantap saat musim hujan seperti saat ini, maknyuss deh pokoknya.

Saya sendiri sering mampir ke sini kalau lagi males makan nasi. Baso urat menjadi menu favorit saya. Ya, untuk isi paketnya sendiri memang terbilang simple, hanya tersedia baso biasa, baso urat kecil, baso urat besar, bihun, mie, dan beberapa sayuran seperti tauge dan sawi. Tidak ada isi lain seperti tahu, bakwan, ataupun somay. Tapi jangan khawatir, untuk melengkapinya tersedia tahu pedas Jeletot yang dijual tepat di sebelahnya.

 

Gehu Pedas ‘Hot Jeletot’

makanan enak di jakarta gehu pedas jeletot

Dilihat dari stiker yang terpasang di gerobaknya, makanan ini sepertinya berasal dari Bandung seperti tulisannya yang terpampang jelas bertuliskan Gehu Pedas cabang Bandung. Yupz, jajanan yang terdiri dari tahu isi dan cireng isi ini sangat ramai diserbu warga setiap harinya. Ada tahu isi ayam yang pedas, ada juga cireng isi ayam pedas dan isi keju. Akan terasa mantab jika disantab dalam keadaan masih panas atau hangat.

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, tahu pedas isi ayam ini juga sangat cocok jika disantab bersamaan dengan Bakso Ria Wonogiri yang berada tepat di sebelahnya. Saat terkena kuah bakso yang panas, rasa pedas di dalamnya akan semakin menjadi-jadi dan akan membakar lidah anda. Sensasi yang sangat luar biasa untuk anda penggemar makanan pedas. Di sisi lain, ada cireng isi ayam pedas yang menurut saya sangat layak disantap. Saya sendiri masih ingat ketika pertama kali merasakannya, rasa gurih dan pedasnya membuat saya menjadi langganan tetap hingga sekarang, jiaaahh. Jadi, jika anda tinggal di sekitaran Mangga Besar atau sekedar lewat daerah sini, tidak ada salahnya untuk mencobanya.

 

Soto ‘Sari Rasa’

makanan enak di jakarta soto sari rasa mangga besar

*sumber gambar : http://jajanjalanan.com

Warung makan soto yang terletak di jalan Raya Mangga Besar, sejajar dengan Rumah Sakit Husada dan tepat di sebelah Sekolah Budi Mulia ini selalu diserbu warga setiap harinya. Masakan santan berkuah ini menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya, namun disediakan juga bagian lain seperti jeroan, kaki, dan tulang muda. Warung ini sempat pindah dari kios sebelahnya untuk mengakomodir semakin banyaknya pelanggan yang dimilikinya. Ini sebagai bukti bahwa warung makan soto ini sangat diterima masyarakat dan layak untuk diicip.

Harganya juga cukup terjangkau, hanya dengan 18 ribu rupiah untuk satu porsi soto dan 4 ribu rupiah untuk sepiring nasi. Menu favorit saya kalau mampir ke sini adalah soto jeroannya. Ya, meski banyak yang bilang kalo jeroan sapi bisa bikin kolesterol tinggi, tapi bagian yang satu ini sangat menggigit di lidah. Ya, asal bisa mengatur dan mengkonsumsi makanan penyeimbang dan rajin olah raga sih gak masalah, right?.

 

Gado-gado ‘Sahabat’

makanan enak di jakarta gado-gado sahabat

Bagi anda yang vegetarian atau suka mengkonsumsi sayur-sayuran, maka gado-gado ‘Sahabat’ ini bisa menjadi pilihan. Penjual ini biasanya mangkal tepat di pertigaan belakang Lokasari. Anda bisa dengan mudah mengenalinya dengan melihat payung Jumbo yang digunakannya. Ya, payung berukuran besar yang menaungi gerobaknya sangat mudah dikenali dari kejauhan.

Makanan ini sangat ramai dikerubuti pelanggannya tatkala jam makan siang tiba. Yups, dia mulai mangkal di sini sekitar jam 12 siang. Kalo kepagian anda belum bisa menemukannya di tempat ini. Namun kalau kesiangan, ngantrinya udah minta ampun, kayak kucing-kucingan aja ama abang yang satu ini, hahaaaa. Kelebihan dari gado-gado ini adalah penggunaan bumbu kacangnya yang medok. Ya, penggunaan bumbu atau sambal kacangnya tidak pelit bener-bener pas sesuai porsinya. Harganya juga cukup terjangkau yakni 12 ribu rupiah saja.

Itulah beberapa makanan enak di Jakarta yang bisa anda cicipi khususnya bagi anda yang tinggal di daerah Mangga Besar. Jika anda memiliki pengalaman atau mungkin ingin mempromosikan makanan enak di sekitar area Mangga Besar, silahkan menuliskannya dalam kotak komentar di bawah. Selamat berburu dan salam maknyus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here