Ini dia bocoran resep ayam goreng KFC

0
600

resep ayam kfc bocor

Tidak aneh lagi jika banyak orang ingin mendapatkan rahasia resep ayam goreng KFC yang fenomenal itu. Ya, resep KFC yang diciptakan oleh Colonel Sanders ini memang sudah sejak lama menjadi incaran Ibu-ibu yang ingin membuat ayam gorengnya sendiri. Itung-itung biar sedikit hemat daripada harus membelinya di restoran KFC aslinya, heheee.

Lalu, apa sih yang membedakan ayam goreng KFC dengan ayam goreng lainnya? Bukannya sama-sama ayam yang di tepungin?. Hmm, jangan lebay deh. Kecuali memang kamu belum pernah merasakan lezatnya ayam goreng KFC yang crispy abis, hahaaa (sorry ya, becanda). Tapi memang benar sih, rasa ayam goreng KFC bisa dibilang memiliki perpaduan rasa yang khas. Bahkan saya pernah membuatnya sendiri di rumah (nyuruh nyokap sih,..), tapi rasanya emang beda. Pernah juga beli di pinggir-pinggir jalan, namun rasanya ya gitu dehh.

 

Resep Ayam Goreng KFC tak sengaja bocor

Berawal dari pertemuan antara seorang penulis Tribune News bernama Jay Jones dengan keponakan sang Colonel Sanders yaitu Ledington (67 th) di sebuah café sekaligus museum (Harland Sanders Café and Museum) yang terletak di Corbin, Kentucky. Mereka membicarakan perihal rencanan dibukanya restoran baru di kota asal KFC itu. Dalam percakapannya, Ledington terus membuka halaman demi halaman dari album kenangan keluarga besarnya sambil mengingat-ingat tentang sosok pamannya.

Hingga tepat di halaman terakhir dari album tersebut, secara tidak sengaja Jay Jones melihat sebuah tulisan tangan yang berisi semacam catatan bumbu-bumbu masakan (disinyalir sebagai resep ayam goreng KFC). Tanpa basa-basi, Jones pun menanyakan hal itu kepada Ledington, “Apakah mungkin itu adalah resep dari ayam goreng KFC?”. Ledington pun menjawab, “ Itu adalah 11 macam rempah yang digunakan untuk membuat resep KFC, dan itu sangatlah rahasia”. Hmm, itulah statement yang membuat resep KFC ini bocor menjadi sebuah berita fenomenal di dunia internet.

Bahkan Jones kemudian melakukan follow up ke Yumm! Brand yang merupakan induk dari perusahaan KFC terkait hal ini. Mereka tidak menyangkal, namun juga tidak mengkonfirmasinya. Satu-satunya statement dari mereka adalah,” Sering kali orang-orang mengklaim bahwa mereka telah menemukan resep rahasia KFC, namun sayangnya semua itu tidak benar”.

 

11 Rempah untuk resep ayam goreng KFC

11 rempah resep ayam goreng kfc

Melengkapi pernyataan di atas, berikut adalah 11 rempah yang tertulis dalam album kenangan keluarga Sanders yang disinyalir sebagai resep rahasia dari KFC ;

  • 2/3 sendok teh garam
  • ½ sendok teh daun thyme
  • ½ sendok teh basil atau kemangi
  • 1/3 sendok teh oregano
  • 1 sendok teh garam seledry
  • 1 sendok teh lada hitam
  • 1 sendok teh mustard kering
  • 4 sendok teh paprika
  • 2 sendok teh garam bawang
  • 1 sendok teh jahe
  • 3 sendok the lada putih

Dan sebagai catatan, ke-11 bumbu rempah tersebut dicampurkan dengan 2 gelas tepung terigu. Jika ingin membuat lebih banyak ya tinggal ditambahkan saja sesuai kalkulasi di atas.

 

Uji resep ayam goreng KFC

Berkenaan dengan tersebarnya berita di atas, seseorang berbicara kepada New York Times,” Banyak orang telah mengklaim bahwa mereka telah menemukan resep rahasia KFC, namun sayangnya semua itu tidak benar. Begitupun untuk yang satu ini (mengacu pada tersebarnya 11 rempah rahasia ini)”.

Tidak tanggung-tanggung, untuk menguji kebenaran berita tersebut, Tribune Test Kitchen mencoba resep yang tengah beredar di masyarakat. Hasilnya? Hmm, sangat membanggakan. Bahkan beberapa Taster mengatakan bahwa ayam goreng buatan Tribune Test Kitchen sedikit lebih lezat dibandingkan punya Colonel (KFC original). Kemudian koki pun menambahkan MSG atau penyedap rasa ke dalam campuran 11 rempah tadi, dan hasilnya sungguh mendekati alias identic dengan rasa KFC original yang dibeli di restoran.

Jadi, bisa dikatakan bahwa resep yang tertulis dalam album kenangan keluarga Sanders terbilang identic dengan resep original KFC. Penasaran? Silahkan dipraktekkan sendiri atau kalau tidak mau ribet ya tinggal pesan KFC Home Delivery aja, hehee.

Baca juga Cara membuat es krim sendiri dan Resep es krim buah sederhana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here