Cara pencairan Jamsostek online via e-klaim

14
12610

cara pencairan jamsostek online via eklaim

Cara pencairan Jamsostek online via menu e-klaim ini sebaiknya dipelajari oleh anda yang ingin mengajukan klaim dana JHT. Hal ini dikarenakan proses klaim dana JHT secara manual membutuhkan waktu yang relative lama, termasuk di dalamnya proses antrian, pemeriksaan dokumen, hingga adanya pembatasan jumlah peserta jamsostek per harinya yang bisa mengajukan pencairan dana tersebut.

Seperti kejadian yang saya lihat kemarin, hari Rabu tanggal 21 September 2016 di salah satu kantor pelayanan BPJS di daerah Jakarta Pusat (Cabang Gambir). Saya menyaksikan beberapa nasabah yang akhirnya harus rela kembali atau pulang karena kuota untuk proses pencairan dana JHT sudah penuh untuk hari itu. Padahal waktu masih menunjukkan sekitar pukul 10.00 WIB. Lain halnya dengan saya yang melakukan proses klaim secara online menggunakan menu e-klaim. Setibanya di sana, saya langsung diarahkan untuk mengambil antrian khusus E-Klaim (beda dengan antrian regular), sehingga hanya menunggu beberapa menit saja langsung dipanggil (antrian di depan saya hanya 2 orang).

Padahal saat itu terlihat antrian yang cukup panjang (terlihat banyak orang yang menunggu dipanggil alias mengantri). Setelah berbincang-bincang dengan salah satu nasabah, ternyata dia melakukan klaim secara manual dan sudah menunggu sejak pagi tadi yang hingga kini masih menunggu giliran. Hal inilah yang menarik perhatian saya untuk share informasi mengenai proses klaim jamsostek secara online agar anda bisa menghemat waktu dan tidak sampai kecewa karena harus pulang lagi akibat kuota sudah habis. Berikut beberapa tahapan yang harus anda lakukan.

Syarat pencairan Jamsostek

Sebelum melakukan pengajuan klaim dana JHT atau Jamsostek, pastikan anda sudah mempelajari syarat-syarat yang wajib dipenuhi. Hal ini diperlukan karena jika anda belum memenuhi semua persyaratan wajib tersebut, anda dipastikan tidak bisa mengajukan klaim atau dengan kata lain pengajuan klaim anda akan ditolak. Silahkan mempelajari syarat pengajuan klaim jamsostek pada postingan saya sebelumnya melalui link Cara cek saldo dan syarat pencairan Jamsostek.

Cara pencairan Jamsostek Online via menu e-klaim

Jika syarat-syarat yang diperlukan tadi sudah disiapkan, kini saatnya melakukan proses klaim menggunakan layanan online yang disebut E-klaim. Silahkan masuk ke situs BPJS melalui link berikut : https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/login.bpjs

Jika anda belum pernah mendaftar, silahkan klik pada menu ‘Isi form registrasi di sini’ seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut (dalam kotak warna merah).

login atau daftar jamsostek online

Atau jika anda sudah pernah mendaftar sebelumnya, silahkan login menggunakan nomor e-ktp dan password yang telah diberikan. Jika nerhasil login, anda akan dihadapkan dalam beberapa pilihan menu seperti gambar berikut. Silahkan pilih menu e-klaim JHT (dalam kotak warna merah).

 

cara pencairan jamsostek via eklaim

Saat diklik menu tersebut, maka akan dimunculkan pilihan antara ‘pengajuan klaim’ atau ‘cek status klaim’. Pilihlah ‘pengajuan klaim’ dan klik tombol submit form.

pengajuan klaim

Anda akan diarahkan ke proses pengisian data termasuk di dalamnya menentukan Kantor cabang BPJS untuk proses pencairan nanti. Pilihlah kantor cabang BPJS sesuai dengan daerah/lokasi anda (bebas). Tentukan alasan pencairan dana JHT, metode pembayaran, dan jangan lupa mengupload beberapa data soft copy seperti KTP, KK, kartu BPJS/JAMSOSTEK, Surat paklaring dan keterangan berhenti kerja dari depnaker (kita dapat dari Perusahaan tempat kita resign), buku rekening tabungan, dan beberapa dokumen lainnya sesuai syarat yang diminta berdasarkan alasan pengajuan klaim tadi (resign/pensiun/meninggal/dll). Jangan lupa memasukkan no PIN yang dikirim ke email atau HP anda.

Setelah disubmit, anda akan menerima email konfirmasi bahwa pengajuan klaim anda sudah diterima. Tunggu maksimal 2×24 jam untuk mendapatkan info status klaim anda, disetujui atau ditolak. Emailnya seperti berikut :

email konfirmasi pencairan jamsostek online

Setelah 2 hari, anda akan dihubungi melalui email terkait status pengajuan klaim anda. Jika disetujui, anda diminta datang ke kantor cabang BPJS yang telah ditentukan tadi. Anda hanya diberi waktu hingga 7 hari untuk datang ke kantor BPJS sejak dikirimkannya email pemberitahuan ini. Pastikan membawa dokumen asli saat mendatangi kantor BPJS. Berikut contoh email pemberitahuannya.

email konfirmasi pencairan jamsostek online disetujui

Proses pencairan Jamsostek online setibanya di kantor BPJS

Setelah menerima email konfirmasi bahwa pengajuan klaim anda disetujui, kini saatnya datang ke kantor BPJS yang telah ditentukan tadi. Jangan lupa membawa beberapa dokumen yang diperlukan sesuai alasan pengajuan klaim. Berikut beberapa dokumen yang harus anda bawa jika alasan pengajuan klaim adalah resign atau mengundurkan diri dari perusahaan tempat anda bekerja:

  1. KTP asli dan foto kopinya.
  2. KK asli dan foto kopinya.
  3. Kartu Jamsostek Asli dan foto kopinya.
  4. Buku tabungan dan fotokopinya (buat jaga-jaga saja)
  5. Surat paklaring atau keterangan pemberhentian kerja dari perusahaan dan depnaker (termasuk foto kopinya).
  6. Formulir e-klaim yang diemail tadi.
  7. Materai Rp6000.

Sesampainya di kantor BPJS, jangan kaget kalau sudah ramai orang mengantri. Jangan malu bertanya pada petugas, bilang saja mau ambil antrian untuk E-klaim. Antrian E-klaim dan yang regular berbeda dan biasanya sedikit saja yang ambil E-klaim, jadi bisa lebih cepat dilayani.

Ketika waktunya dipanggil, serahkan dokumen yang anda bawa tadi untuk diperiksa oleh petugas. Anda nantinya akan diberikan form untuk diisi. Biasanya anda akan diarahkan untuk mengisi form tersebut ke petugas lain sekalian ambil materai. Namun jika anda sudah menyiapkan materainya, isi aja langsung di situ, jadi gak perlu mondar-mandir. Berikut form yang dimaksud :

form pencairan jamsostek

Jika semua dokumen sudah sesuai dan telah mengisi form bermaterai tadi, anda akan diberikan bukti tanda terima. Proses selesai, kini anda tinggal menunggu dana masuk ke rekening anda maksimal 14 hari ke depan. Berikut form bukti tanda terima yang akan anda peroleh, berisi informasi jumlah saldo dan estimasi kapan dana tersebut masuk ke rekening anda.

bukti pencairan jamsostek

Informasi tambahan tentang proses pencairan Jamsostek

Setelah menerima bukti tanda terima, sebenarnya proses klaim sudah selesai dan anda tinggal menunggu dana masuk ke rekening (jika pembayaran melalui transfer) atau mengambil ke loket pembayaran (jika pembayaran melalui cash).

Namun karena kebetulan bulan September ini ada program gratis untuk pendaftaran Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi Pegawai Bukan Penerima Upah (BPU), maka saya diarahkan ke petugas lain untuk dibuatkan kartu BPJS BPU ini. Untuk bulan pertama digratiskan pembayaran preminya, dan untuk bulan selanjutnya hanya membayar mulai Rp16.800,- saja. Ada pun manfaat dari program ini adalah pembiayaan jika terjadi kecelakaan kerja maupun santunan kematian.

Jika bulan selanjutnya kita tidak membayar preminya, maka secara otomatis keanggotaan kita berakhir dan tidak akan mendapatkan manfaat dari program tersebut. Demikian ulasan mengenai cara pencairan jamsostek online melalui menu e-klaim. Silahkan share pengalaman anda melalui kotak komentar di bawah, dan jangan lupa dishare jika dirasa bermanfaat.

14 COMMENTS

    • Mungkin web nya sedang proses update atau perbaikan. Silahkan coba untuk mengunjungi beberapa waktu ke depan.
      Catatan : akses ke web tersebut memang sangat ramai, jadi mesti sabar kalau loading halamannya lama, atau web nya agak sulit diakses.

    • E claim pada dasarnya hanya semacam booking antrian, biar prosesnya cepat.
      Kalau terkait proses pembayaran apakah tunai atau transfer, itu bisa anda pilih

  1. tanya dong gan saya sudah daftar online tapi muncul keterangan seperti ini Disallowed Key Characters. ini berarti gagal atau bisa di ulang lagi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here