Cara menghilangkan sakit gigi dengan cepat dan ampuh

0
418

cara menghilangkan sakit gigi dengan cepat dan ampuh

Cara menghilangkan sakit gigi atau cara mengobati sakit gigi berlubang ini sebenarnya sudah banyak dipraktekkan oleh para sesepuh di desa. Ya, dengan terbatasnya akses terhadap fasilitas kesehatan (dulunya), membuat mereka mencoba berbagai cara praktis dan cepat untuk menghilangkan rasa sakit pada gigi. Tak pelak, banyak sekali bahan-bahan alami yang mereka coba dan hingga saat ini terbukti ampuh untuk mengobati sakit gigi.

Dengan semakin berkembangnya ilmu kedokteran, ilmu pengetahuan, dan kemudahan akses informasi,  sekarang kita bisa dengan mudah menemukan berbagai referensi terhadap proses penanganan berbagai penyakit termasuk diantaranya adalah sakit gigi ini. Ya, hanya dengan googling saja kita bisa mendapatkan banyak referensi mengenai cara mengobati sakit gigi, salah satunya ya melalui tulisan yang akan saya share kali ini.

Sakit gigi memang menjadi salah satu ‘penyakit’ umum yang sering menyerang masyarakat. Ada yang giginya berlubang, gusi berdarah, bengkak, hingga tumbuhnya akar gigi yang tidak tepat alias bersinggungan. Dari beberapa penyebab sakit gigi tersebut, gigi berlubang menjadi satu fenomena tersendiri. Banyak orang mengalami masalah gigi ini (syukurnya saya sendiri belum pernah ya, hehee). Namun demikian, penanganan yang tepat dapat membantu mereka mengurangi rasa sakit yang teramat sangat (katanya). Dan berikut adalah beberapa penanganan yang umum digunakan dalam menangani masalah gigi tersebut.

Cara menghilangkan sakit gigi dengan cepat dan alami

Tips berikut umumnya digunakan sebagai langkah awal dalam menangani serangan sakit gigi yang diakibatkan oleh gigi berlubang. Penggunaan bahan-bahan alami yang mudah di dapat membuat metode ini sering dipilih oleh para penderita sakit gigi.

Cara menghilangkan sakit gigi dengan air garam

Kandungan yodium berlimpah pada garam bisa membantu meredakan rasa ngilu pada gigi. Bahkan disinyalir mampu mengusir dan membunuh kuman-kuman dan bakteri penyebab ngilu pada gigi berlubang. Namun penggunaan garam berlebih dan dalam jangka waktu yang lama bisa juga menyebabkan gigi keropos. Pastikan untuk menghentikan metode ini jika rasa sakit gigi sudah hilang.

Larutkan beberapa sendok garam dengan air hangat, kemudian buatlah untuk berkumur selama beberapa detik hingga satu menit. Lakukan beberapa kali hingga rasa ngilu berkurang. Jangan lupa membilasnya dengan air hangat setelah pemakaian.

Cara menghilangkan sakit gigi dengan jeruk nipis

Jeruk nipis memiliki kandungan anti biotik dan anti oksidan yang cukup tinggi. Kandungan inilah yang disinyalir mampu mengusir dan membunuh kuman penyebab gigi ngilu. Karena banyak sekali manfaat dari buah ini (tidak hanya untuk pengobatan sakit gigi), setidaknya anda selalu menyimpannya di dapur.

Peras 1 buah jeruk nipis dan tambahkan dengan garam. Oleskan campuran ini ke area gigi yang sakit dan tunggu beberapa menit. Jangan lupa bilas dengan air hangat jika dirasa ngilu sudah berkurang atau menghilang.

Cara menghilangkan sakit gigi dengan bawang putih

Bawang putih juga merupakan salah satu bahan alami yang mengandung antiseptic. Penggunaanya yang ampuh mengatasi sakit gigi sudah terkenal sejak dulu. Apa lagi hampir disetiap rumah tangga pasti menyimpan bahan ini di dapur yang merupakan salah satu bumbu masak utama. Otomatis penggunaannya untuk berbagai keperluan sudah sangat familiar di tengah-tengah masyarakat.

Kupas beberapa siung bawang putih, lalu tumbuk hingga halus. Anda juga bisa menambahkan garam ke dalamnya. Oleskan campuran ini ke area gigi yang sakit dan diamkan selama beberapa menit hingga rasa sakit atau ngilu menghilang. Silahkan kumur dengan air hangat setelah penggunaannya.

Cara mengobati sakit gigi berlubang dengan medis

Selain menggunakan beberapa metode alami di atas, ada juga langkah yang bisa ambil untuk mengobati sakit gigi anda, yakni dengan pergi ke dokter spesialis gigi. Jika rasa ngilu pada gigi anda semakin menjadi hingga menyebabkan demam atau sakit kepala berkepanjangan, segera pergi menemui dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Ada kalanya kuman dan bakteri penyebab gigi ngilu sudah segitu parahnya hingga tak mampu lagi ditangani dengan cara tradisional di atas. Pihak medis bisa melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap kerusakan ini. Bisa jadi perlu pemakaian anti biotik dan penambalan lobang gigi, atau kalau sudah parah bisa dilakukan pencabutan terhadap gigi yang bermasalah.

Tidak hanya untuk gigi berlubang, ada kalanya sakit gigi disebabkan oleh tumbuhnya gigi baru yang menyimpang alias tumbuh mengarah ke gigi lama. Akibatnya, gesekan atau dorongan dari pertumbuhan gigi ini bisa menyebabkan rasa ngilu yang amat terasa jika lama dibiarkan. Untuk penanganannya, anda tidak bisa menggunakancara-cara tradisional di atas, namun gigi yang menyimpang ini harus dicabut.

Kesimpulan penanganan sakit gigi

Untuk tahap awal, anda bisa mencoba cara menghilangkan sakit gigi dengan cepat dengan memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar anda. Namun jika rasa ngilu itu terus berlanjut dalam 3 hari ke depan, diharapkan anda segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter. Karena mungkin diperlukan cara mengobati sakit gigi berlubang yang lebih advance seperti penambalan maupun pencabutan seperti dalam kasus gigi tumbuh menyimpang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here