Cara menghemat baterai android hingga 40 persen

0
274

cara menghemat baterai android hingga 40 persen

Cara menghemat baterai android memang menjadi issue tersendiri bagi para pengguna smart phone berbasis android. Pasalnya, sudah menjadi rahasia umum jika smart phone dengan sistem operasi ini memiliki daya tahan baterai yang lebih rendah dibandingkan smart phone dengan OS lainnya. Meski ketahanan baterai sangat dipengaruhi oleh kapasitas baterai yang digunakan, namun jika dibandingkan head to head alias dengan kapasitas yang sama, sering kali gadget dengan OS android ini akan keok.

Lalu apa berarti konsumsi baterai pada gadget android tidak bisa dioptimalkan? Hmm, nyatanya sangat bisa. Tidak bisa dipungkiri bahwa layanan after market android jauh melampaui pesaingnya, salah satunya adalah tersedianya market aplikasi yang sangat besar yaitu Google play Store.

Di situ, para pengguna bisa leluasa mengunduh berbagai macam aplikasi mulai dari game, multy media, pemutar music/video, hingga berbagai aplikasi lainnya. Nah, karena mudahnya proses unduh mengunduh dan instalasinya, tak jarang para pemilik gadget android secara ‘rakus’ menginstal berbagai aplikasi yang dimaksud, yang disinyalir bisa menambah konsumsi baterai. Walhasil, daya tahan baterai terasa lebih mudah drop alias boros. Nah, kesadaran akan hal ini kami rasa masih belum diperhatikan oleh mereka yang menggunakan gadget android.

Namun demikian, tips berikut bisa kita usahakan agar daya tahan baterai android kita bisa bertahan lebih lama.

Cara menghemat baterai android paling sederhana namun ampuh

Dari sekian banyak tips yang beredar dan sudah dipaparkan oleh banyak pihak, berikut adalah beberapa tips paling sederhana yang bisa anda lakukan untuk menghemat baterai.

Atur kontras atau tingkat kecerahan layar

cara menghemat baterai android atur kontras layar

Perlu diketahui bahwa sebagian besar konsumsi baterai pada android digunakan untuk mensuplay daya ke layar. Semakin terang atau cerah sebuah layar, maka semakin besar pula daya yang dibutuhkan.

Dengan demikian, pengaturan kontras layar akan sangat berpengaruh terhadap supply daya baterai. Aturlah tingkat kecerahan layar anda serendah mungkin untuk menghemat konsumsi baterai. Namun jangan sampai terlalu gelap hingga mengganggu kenyamanan anda. Di sisi lain, penggunaan fitur auto contrast juga akan menambah konsumsi baterai anda. Mending dinonaktifkan saja fitur ini agar proses penghematan baterai bisa lebih optimal.

Non Aktifkan Bluetooth, GPS, Wifi, NFC

Sering kali kita menginstall aplikasi yang mengharuskan pengaktifan fitur lain seperti GPS maupun Bluetooth. Nah, ada kalanya kita tidak memperhatikan status pengaktifan dari fitur ini sehingga mereka tetap ON bahkan setelah pemakaian aplikasi terkait sudah kita tutup.

Untuk itu pastikan anda memeriksa status dari beberapa aplikasi di atas. Pastikan posisinya OFF jika memang sedang tidak digunakan. Karena, jika statusnya masih ON, mereka akan terus mencoba mencari koneksi yang pastinya membutuhkan daya baterai untuk pengoperasiannya. Hasilnya? Daya baterai kita akan cepat habis.

Gunakan aplikasi penghemat baterai

Belakangan ini, telah dikembangkan banyak aplikasi yang bisa membantu anda dalam menghemat konsumsi baterai. Tidak tanggung-tanggung, bahkan di antaranya sudah berhasil diunduh ratusan juta kali karena memang performanya yang mengagumkan.

Jika anda  ingin mendapatkan aplikasi tersebut, silahkan membaca uraian yang sebelumnya saya buat terkait Aplikasi Penghemat Baterai Android Paling Ampuh. Di situ anda bisa menemukan 5 aplikasi terbaik untuk membantu menghemat konsumsi baterai anda. Silahkan dicoba karena semuanya bisa anda unduh secara gratis dan mendapat penilaian memuaskan dari para penggunanya.

Atur sleep time secepat mungkin

cara menghemat baterai android atur sleep time

Satu lagi yang bisa dilakukan untuk menghemat baterai android anda. Lakukan penyettingan mode sleep secepat mungkin. Hal ini akan mempercepat layar gadget anda dimatikan yang tentunya berpengaruh pada penghematan daya baterai. Ingat, salah satu konsumsi terbesar daya baterai anda adalah untuk menyalakan layar.

Umumnya, anda bisa mengatur sleep time mulai dari 15 detik hingga 10 menit. Jadi pilihlah opsi 15 detik untuk mempercepat penonaktifan layar ketika sedang tidak digunakan.

Kesimpulan tentang cara menghemat baterai android

Meski tidak bisa terukur secara presisi yakni hingga 40% terhadap penghematan daya baterai android anda (seperti yang tertulis dalam judul), namun aktualnya beberapa aktivitas di atas mampu membuat gadget kita bertahan lebih lama hampir dua kali lipat dibandingkan sebelumnya. Jadi, silahkan anda mencoba beberapa tips atau cara menghemat baterai android di atas agar kenyamanan anda bersama gadget kesayangan tidak terganggu oleh battery yang cepat drop.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here