Cara menanam hidroponik dengan teknik hidroponik sederhana

0
753

cara menanam hidroponik dan teknik hidroponik sederhana

Cara menanam hidroponik khususnya sayuran bisa anda lakukan dengan menerapkan teknik hidroponik sederhana ini. Teknik ini bisa dibilang sebagai ‘modul’ dasar bagi anda yang baru belajar atau ingin mencoba bertanam secara hidroponik. Dan jika sudah berhasil menerapkan metode ini, anda bisa beranjak ke teknik selanjutnya yang lebih menantang dan membutuhkan modal lebih besar.

Jadi, bagi anda yang ingin mencoba teknik bertanam secara hidroponik, artikel ini akan sangat membantu anda. Tidak perlu muluk-muluk untuk langsung menerapkan sistem hidroponik lanjutan seperti NFT dan DFT, teknik sederhana ini harus anda kuasai dulu karena merupakan dasar dari konsep penanaman hidroponik. Selain modalnya yang terbilang sangat terjangkau, teknik dasar ini juga memiliki tingkat keberhasilan yang cukup tinggi sehingga diharapkan bisa memacu semangat anda ke depan.

 

Pengertian hidroponik

Berdasarkan penjelasan dari situs Wikipedia, Hidroponik merupakan teknik penanaman menggunakan media air dengan penekanan pada pemenuhan nutrisi tanaman. Artinya, proses bercocok tanam kali ini tidak menggunakan media tanah seperti pada umumnya. Namun satu hal yang perlu menjadi catatan adalah dibutuhkan perhatian khusus terkait kebutuhan nutrisi tanaman (akan dijelaskan di bawah).

Teknik ini semakin banyak diaplikasikan seiring dengan perkembangan teknologi dalam bidang pertanian dan pangan. Penggunaan lahan yang relative sempit, hingga konsumsi air yang lebih efisien membuat teknik penanaman secara hidroponik banyak diminati masyarakat perkotaan atau daerah yang memiliki pasokan air terbatas. Dengan sistem sirkulasi secara terus menerus, penggunaan air akan semakin efisien.

 

Teknik hidroponik sederhana

teknik hidroponik sederhana

Ada beberapa teknik penanaman secara hidropnik yang saat ini banyak diaplikasikan, dari yang paling sederhana hingga yang paling kompleks dengan pembangunan infrastruktur yang tidak murah. Berikut beberapa diantaranya yang paling terkenal :

  • Teknik hidroponik Wick atau sumbu
    Ini adalah teknik paling sederhana yang bisa anda terapkan jika ingin belajar menanam secara hidroponik. Bahkan beberapa seller menjual paket penanaman dengan teknik Wick ini lengkap dengan semua perlengkapannya mulai dari Benih, Netpot, Rockwoll, Sumbu (kain flannel), hingga nutrisi tanaman. Anda bisa memesannya melalui link berikut Paket Hidroponik.
    Pada teknik ini, tanaman diletakkan pada netpot (pot plastic berventilasi) yang sebelumnya sudah terpasang wick atau sumbu dari kain flannel. Kain ini fungsinya untuk menyalurkan air bernutrisi yang letaknya berada di bawah netpot hingga nantinya bisa diserap oleh akar tanaman. Pada teknik ini, air tidak mengalami sirkulasi dan cukup diletakkan disebuah wadah (seperti ember) di bawah netpot.
  • Teknik hidroponik NFT (Nutrient Film Technique)
    Pada teknik ini, air bernutrisi akan disirkulasikan menggunakan sebuah pompa dan mengalir tipis tepat di saluran atau gully tempat akar-akar tanaman berada. Kelebihan dari teknik ini adalah tersedianya pasokan oksigen yang cukup akibat dari adanya aliran air bernutrisi (tidak seperti sistem Wick dimana air hanya diam saja tak mengalir). Namun sayangnya, jika pompa airnya mati entah itu karena rusak atau aliran listriknya putus, maka pasokan air bernutrisi juga akan berhenti dan bisa berakibat fatal pada tanaman. Jadi pastikan selalu melakukan pemeriksaan secara berkala terkait aliran air dalam sistem.
  • Teknik hidroponik DFT (Deep Flow Technique)
    Sama dengan sistem NFT, pada teknik DFT juga terdapat aliran air bernutrisi yang disemburkan oleh sebuah pompa. Bedanya, pada sistem ini terdapat sedikit genangan air di bagian bawah netpot sehingga jika terjadi pemutusan listrik, pasokan air nutrisi untuk tanaman masih tersedia. Kita juga bisa menggunakan timer untuk mengoperasikan pompa air sirkulasi, misalnya pagi sampai sore nyala, selebihnya mati.

 

Nutrisi hidroponik

Seperti penjelasan di atas, teknik penanaman hidroponik ini menekankan pada pemenuhan nutrisi tanaman yang disalurkan melalui air. Nutrisi untuk tanaman hidroponik khususnya sayuran ini lebih dikenal dengan nutrisi A&B mix. Artinya, ada 2 jenis nutrisi yaitu biasa disebut nutrisi A dan nutrisi B yang perlu dicampurkan dengan air dengan komposisi tertentu. Biasanya untuk 1 liter air dicampurkan dengan 8ml nutrisi A dan 8ml nutrisi B, atau bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Komposisi dari air nutrisi hidroponik ini biasanya diukur dengan satuan PPM menggunakan sebuah alat TDS & EC. Perlu diingat bahwa komposisi yang sesuai diperlukan agar pertumbuhan tanaman bisa lebih maksimal. Anda bisa mendapatkan alat tersebut melalui link berikut PPM Tester.

 

Cara menanam hidroponik sayuran teknik Wick

Untuk mengaplikasikan teknik ini, ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan mulai dari awal hingga terakhir, diantaranya :

  • Penyemaian benih
    Di sini kita menabur benih sayuran ke atas rockwoll yang sudah dibasahi dengan air. Setelah disemai, bungkus dengan plastic hitam agar tidak ada cahaya yang masuk untuk mempercepat proses tunas/pecah.
  • Pengenalan ke matahari
    Setelah benih pecah (biasanya dalam waktu 1-2 malam setelah ditutup plastic), maka saatnya tunas tersebut dikenalkan pada sinar matahari secara langsung. Jemur benih tersebut dan jangan lupa disiram air agar tidak kering. Lakukan proses ini hingga beberapa hari ke depan sampai benih berdaun 4.
  • Masukkan ke netpot
    Jika benih sudah berdaun 4, saatnya dimasukkan ke dalam netpot yang sudah terisi kain flanel sebagai sumbu dan diletakkan dalam ember tampungan air bernutrisi.
  • Panen
    Setelah berada di dalam netpot, pertumbuhan sayuran akan terlihat massive dan dalam beberapa hari saja sudah bisa dipanen (tergantung jenis sayuran).

Untuk lebih jelasnya silahkan melihat video berikut untuk memperjelas proses penyemaian hingga bibit siap diletakkan dalam netpot.

Demikian artikel mengenai cara menanam hidroponik khususnya sayuran dengan menggunakan teknik hidroponik sederhana yaitu Wick atau sumbu. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here