Cara Memilih Pekerjaan Yang Sesuai Dengan Minat dan Kepribadian

0
518

cara memilih pekerjaan sesuai minat dan kepribadian

Ada banyak orang yang kesulitan mendapatkan pekerjaan. Namun ada banyak juga yang telah bekerja tetapi kerap dibingungkan oleh pekerjaan yang dirasa tidak sesuai harapan bahkan kontras dengan kepribadian. Oleh karena itu, bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan, sebaiknya kamu memilih pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kepribadian agar bekerja menjadi lebih nyaman. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasan mengenai cara memilih pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kepribadian berikut.

 

Cara memilih pekerjaan yang sesuai dengan minat

  • Minat pada ide
    Jika kamu tergolong orang yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, kreatif, dan sering bereksperimen dengan ide-ide baru, maka bidang pekerjaan yang sesuai dengan kamu adalah bidang pengetahuan alam dan artistik.
  • Minat pada orang
    Jika kamu mudah bergaul & beradaptasi, senang bertemu dengan orang baru, mengunjungi tempat baru, dan berjiwa sosial, kamu pastinya tidak cocok dengan pekerjaan kantoran yang menuntutmu untuk berkutat di depan komputer selama berjam-jam. Pilihan pekerjaan yang cocok dengan minatmu adalah yang memungkinkanmu bertemu banyak orang seperti sales, marketing, public relation, dan konsultan.
  • Minat pada benda
    Jika kamu suka mengerjakan sesuatu dengan prosedur yang jelas, suka keteraturan, dan rapi, namun kurang suka bertemu dengan orang, kamu lebih cocok bekerja di bidang yang memerlukan ketelitian seperti akuntansi, keuangan, dan administrasi.

 

Cara memilih pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian

  • Kepribadian artistik
    Mereka yang berkepribadian artistik adalah orang-orang yang memiliki banyak ide, imajinatif, dan berintiusi tinggi. Setiap hari, mereka selalu bergelut dengan aktivitas seni dan selalu menghindari aktivitas bersifat rutin. Mereka juga sangat ekspresif, orisinal, dan mandiri. Jika kamu termasuk berkepribadian artistik, beberapa pekerjaan yang cocok untukmu antara lain pelukis, illustrator, penulis, composer, musisi, artis, sutradara, dan penari.
  • Kepribadian dinamis
    Orang-orang berkepribadian dinamis sangat menyukai pekerjaan yang menantang, seperti wartawan, tim SAR, dan angkatan bersenjata.
  • Kepribadian realistic
    Mereka yang berkepribadian realistik suka memecahkan masalah dan senang bekerja di luar ruangan untuk memecahkan masalah tersebut secara langsung. Mereka sangat cocok dengan pekerjaan yang membutuhkan campur tangan mereka secara langsung seperti pilot, dokter gigi, ahli kunci, ahli elektro, dan ahli nuklir.
  • Kepribadian sosialis
    Orang-orang dengan kepribadian sosialis sangat suka menjalin hubungan dan suka menolong orang lain. Mereka adalah kebalikan dari tipe realistik yang berkutat dengan benda. Jika kamu merasa berkepribadian sosialis, kamu cocok menjadi guru, konsultan, perawat, pekerja sosial, dan motivator seperti Merry Riana, Bong Chandra, dan Andrie Wongso.
  • Kepribadian konvensional
    Orang-orang konvensional sangat menyukai suasana teratur dan pelaksanaan yang sesuai prosedur. Jika kamu merasa berkepribadian konvensional, pekerjaan-pekerjaan procedural seperti staf keuangan, staf administrasi, akuntan, dan sekretaris cocok untukmu.
  • Kepribadian usahawan
    Mereka yang berkepribadian usahawan kurang menyukai aktivitas yang memerlukan ketelitian dan observasi mendalam. Mereka lebih suka mempengaruhi orang lain seperti yang dilakukan sales dan pengacara.
  • Kepribadian investigative
    Dari namanya sudah bisa ditebak bahwa orang-orang investigative menyukai aktivitas problem solving. Mereka sangat suka berpikir secara mendalam, dimana semuanya harus berlandaskan pada teori dan logika. Jika kamu berkepribadian demikian, kamu cocok bekerja sebagai ilmuwan/peneliti dan penulis. Kamu juga bisa menjadi dokter, dosen, dan psikolog selama dipadukan dengan minat sosial yang tinggi.

Jika kamu sudah mengetahui minat dan kepribadianmu, tentu akan lebih mudah untuk memilih pekerjaan. Demikianlah ulasan mengenai cara memilih pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kepribadian. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here