Cara membuat es krim sendiri dan resep es krim buah sederhana

0
2871

cara membuat es krim sendiri dan resep es krim buah sederhana

Saya tertarik membuat artikel mengenai cara membuat es krim sendiri dan resep es krim buah ini setelah melihat sebuah video di salah satu channel Youtube. Ya, video yang diunggah oleh ‘Bule’ ini menjelaskan cara membuat es krim rumahan beserta resep es krim sederhana yang tentunya sangat mudah untuk dipraktekkan sendiri di rumah.

Untuk anda para Ibu (bapak juga boleh koq, hehehee) yang ingin menyajikan ‘kudapan’ sehat buat putra-putrinya dapat mencoba resep es krim sederhana yang akan saya jelaskan dalam artikel ini. Jadi, tetap di tempat dan bacalah artikel ini sampai tuntas OK.

 

Persiapan sebelum membuat es krim

Sebelum beranjak ke cara membuat es krim, terlebih dahulu kita pelajari apa saja yang harus disiapkan untuk bisa membuat es krim sendiri, di rumah, dan tanpa mesin. Berikut adalah beberapa perlengkapan yang wajib kita siapkan, karena tanpa perlengkapan ini tentunya proses pembuatan es krim menjadi sedikit ribet dan tidak efisien.

Freezer atau Lemari Es

lemari-es-freezer-murah

Alat yang satu ini hukumnya wajib. Bagaimana tidak? Tanpa Freezer maka proses pembuatan es krim tidak akan berhasil, karena proses pembekuan murni mengandalkan alat yang satu ini. Jika anda belum memiliki Freezer atau Lemari Es, anda bisa dengan mudah mendapatkan produk tersebut dengan harga terjangkau di SINI. Atau jika anda ingin sedikit lebih hemat, bisa koq numpang ke tetangga sebelah (kalau tidak ‘tengsin’ sih, heheeee).

Cetakan Es Krim

cetakan es krim

 

Cetakan ini berfungsi untuk membentuk es krim agar bisa lebih mudah dinikmati. Bisa juga berfungsi untuk membangkitkan selera karena bentuknya yang unik dan terlihat menggiurkan. Banyak sekali model dan macam-macam cetakan es krim yang tersedia di pasaran dan harganya pun cukup terjangkau. Namun setelah melihat review dari beberapa blog, cetakan yang satu ini sangat direkomendasikan karena lebih praktis dan simple. Anda bisa mendapatkan cetakan seperti gambar di atas melalui LINK AMAZON karena model seperti itu belum saya temukan di beberapa toko online Lokal.

Stik Es Krim

Stik Es Krim ini diperlukan jika menggunakan model cetakan seperti gambar di atas. Sebenarnya ada model cetakan es krim yang sudah built in dengan stiknya (dari plastic). Namun akan terasa kurang praktis karena setelah penggunaan harus disimpan kembali untuk digunakan lagi secara berulang. Apalagi jika es krim yang kita buat dibagikan ke anak-anak yang sedang bermain di halaman. Akan lebih praktis jika menggunakan stik es krim model kayu seperti gambar di atas untuk sekali pemakaian (dibuang setelahnya). Kecuali untuk konsumsi sendiri di dalam rumah.

Blender/Mixer/Juicer

blender mixer juicer

Kalau alat yang satu ini fungsinya untuk membuat adonan atau menghaluskan bahan-bahan alami pembuatan es krim seperti buah segar, sayuran, coklat batang, maupun untuk sekedar mengaduk campuran bahan pembuatan es krim seperti susu, santan, gula, dan lain-lain. Ya, di sini kita akan membuat es krim buah alami tanpa tambahan gula pemanis atau sejenisnya, sehingga dijamin aman buat anak-anak dan tentunya sehat pula karena mengandung banyak nutrisi.

 

Cara membuat es krim rumahan

Untuk memulai pembuatan es krim, pertama siapkan bahan-bahan baku seperti susu, coklat, buah, santan, maupun sayuran. Tentunya sesuaikan dengan selera dan keinginan anda. Pastikan untuk memilih bahan-bahan yang masih segar dan tidak layu (untuk buah dan sayuran), serta perhatikan kemasan susu, coklat, santan, dan bahan lainnya yang memiliki masa kadaluwarsa.

resep-es-krim-buah

Cuci bersih (jika menggunakan buah atau sayuran), kemudian masukkan dalam blender atau mixer untuk menghaluskannya. Tambahkan beberapa bahan pelengkap seperti susu, coklat, vanilla, atau lainnya jika diperlukan. Aduk merata sebelum dimasukkan ke dalam cetakan es krim yang telah disiapkan. Anda bisa mengkreasikan rasa dari es krim apakah itu di mix (campur) ataukah dipisah sesuai bahan masing-masing. Anda juga bisa menambahkan potongan buah segar (tanpa di blender) untuk memberikan kesan fresh dan segar.

resep es krim buah

Masukkan adonan es krim yang sudah dituang dalam cetakan ke dalam Freezer untuk proses pembekuan. Tunggu hingga benar-benar menjadi es dalam beberapa jam ke depan. Agar mudah keluar dari cetakan, masukkan cetakan ke dalam rendaman air hangat beberapa saat sebelum mengangkat es krim. Kini es krim sudah siap dinikmati.

resep es krim rumahan

 

Resep Es Krim Buah nan Sederhana

Untuk melengkapi kreasi anda dalam membuat es krim, berikut resep es krim buah nan sederhana yang bisa anda coba di rumah.

Bahan-bahan :

  • Jeruk lemon
  • Kiwi
  • Strawberry
  • Anggur
  • Pisang
  • Raspberry
  • Mangga
  • Nanas
  • Santan
  • Susu
  • Madu
  • Coklat

Cara membuat :

Haluskan buah-buahan tersebut dengan blender. Jika diperlukan, tambahkan bahan pelengkap seperti madu, susu, atau santan untuk mendapatkan cita rasa yang lebih kompleks. Anda bisa membuat adonan buah secara terpisah maupun di mix/campur sesuai selera. Kemudian masukkan ke dalam cetakan (pada tahap ini, anda bebas berkreasi terkait sususan rasa yang ingin anda dapatkan). Bisa 2 lapis, 3 lapis, maupun berlapis-lapis. Masukkan dalam Freezer selama kurang lebih 5 jam, dan es krim buah siap dihidangkan. Jangan lupa untuk merendam terlebih dahulu es krim yang udah jadi ke dalam air hangat untuk mempermudah dalam mengeluarkan es krim dari cetakan.

Silahkan melihat video berikut untuk lebih jelasnya.

Demikian artikel mengenai cara membuat es krim sederhana beserta rese pes krim buah yang bisa anda coba di rumah. Selamat berkreasi dan jangan lupa untuk dishare dengan lainnya.

*Sumber : https://youtu.be/6Qbh9gkbWUA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here