Cara masak kepiting paling sederhana dan super lezat

0
1063

cara masak kepiting paling enak dan super lezat

Untuk anda yang biasanya menyantap kepiting di restoran atau rumah makan seafood, tidak ada salahnya mempelajari cara masak kepiting dan mencoba resep masak kepiting paling sederhana namun tetap maknyus ini.

Ya, di sini kita akan belajar cara mengolah kepiting mulai dari proses membersihkan hingga nantinya dimasak dan siap dihidangkan. Adapun informasi ini saya dapatkan dari salah satu channel youtube yang cukup populer yang membuat saya ingin sekali mencoba mempraktekkannya mengingat saya sering kali melakukan aktivitas memancing di pinggir laut dan banyak menemukan kepiting di sana.

Sebelum menjelaskan cara masak kepiting, ada baiknya saya share sedikit mengenai cara menangkap kepiting yang sangat mudah, khususnya bagi anda yang sedang berkunjung atau berada di pinggir laut, entah sedang berlibur dengan keluarga, sedang mancing di pinggir dermaga, atau memang niat untuk mencari kepiting di sana.

 

Belajar cara menangkap kepiting

Jika anda menginginkan cara termudah menangkap kepiting, maka penggunakan ‘crab pot’ atau perangkap kepiting berbentuk jaring kawat ini layak anda pertimbangkan. Cara ini terbilang lebih mudah dibandingkan harus susah payah manggali lobang kepiting maupun memancingnya keluar dari sarang yang biasanya ‘nyempil’ di sela-sela bebatuan.

Penggunaannya cukup mudah seperti yang bisa anda lihat dalam ilustrasi berikut ini.

Siapkan perangkap

perangkap kepiting

Anda bisa mendapatkan perangkap seperti ini dengan googling saja di internet. Banyak pihak yang menawarkan perangkap model ini mulai dari toko online hingga perorangan di beberapa lapak online lainnya. Jika anda cukup kreatif, anda juga bisa membuat sendiri perangkap kepiting seperti ini, tentunya dengan mengikuti model dan sketsa seperti contoh yang bisa dengan mudah anda temukan via internet.

Masukkan umpan

pasang umpan kepiting

Untuk penggunaan umpan, bisa menggunakan daging ayam maupun potongan ikan. Anda bisa mencoba keduanya untuk memastikan umpan mana yang paling efektif untuk menarik kepiting di tempat anda. Masukkan umpan pada wadah yang disediakan di kotak perangkap tersebut. Aroma yang keluar dari umpan ini akan menyebar dan memancing para kepiting untuk masuk ke perangkap.

Pasang perangkap dalam air

pasang perangkap kepiting

Setelah terisi umpan, anda bisa memasang perangkap tersebut di tempat strategis. Artinya dimungkinkan banyak kepiting di sana, mulai dari pinggir dermaga, dekat rawa, dan tempat lainnya yang disinyalir terdapat banyak kepiting. Diamkan perangkap tersebut selama beberapa jam. Namun jika anda cukup sabar dan dalam situasi berlibur selama beberapa hari di daerah itu, biarkan perangkap tersebut semalaman agar potensi mendapatkan kepiting bisa lebih besar.

Ambil perangkap dan lihat hasilnya

panen kepiting

Setelah ditaruh beberapa jam atau sehari semalam, kini saatnya anda mengambil perangkap tersebut dan mengecek berapa banyak kepiting yang berhasil anda dapatkan. Jika hasilnya kurang memuaskan, sepertinya anda perlu mencari tempat lain untuk menempatkannya. Saran dari salah satu teman, taruhlah perangkap kepiting tersebut di tempat paling dalam di area tersebut karena kebanyakan ikan mati atau hewan mati lainnya akan terkumpul di situ yang tentunya akan menjadi lokai favorit para kepiting untuk mencari makanannya.

 

Membersihkan kepiting dan cara masak kepiting

Sebelum dimasak, tentunya kepiting-kepiting tersebut harus dibersihkan. Hal ini diperlukan agar kotoran atau mungkin bakteri dalam kepiting bisa hilang atau setidaknya tidak mempengaruhi rasa dari kepiting yang akan kita santap.

Membersihkan kepiting

Untuk urusan bersih-membersihkan, banyak cara yang bisa kita lakukan. Namun saya sangat merekomendasikan cara ini karena selain mudah, sepertinya lebih ‘manusiawi’ dibandingkan dipukul atau tangsung direbus dalam air mendidih. Ini videonya :

Cara masak kepiting

Nah, untuk yang satu ini sepertinya patut kita coba. Bukan direbus, bukan digoreng, bukan dibakar, dan bukan juga ditumis pakai sambal balado maupun bumbu asam manis. Yupz, cukup disteam atau dikukus. Katanya sih rasanya lebih maknyus dan lebih juicy disamping prosesnya yang sangat simple dan mudah.

Berikut ilustrasi mengenai cara masak kepiting dengan simple dan yummy.

masukkan air dan bumbu

Masukkan air beserta bumbu rempah instant ke dalam panic kukusan. Pastikan jumlah air tidak menggenangi permukaan dari strainer.

panaskan panci kukusan

Panaskan panci kukusan sampai air di dalamnya mendidih. Ingat, jangan masukkan kepiting jika air di dalamnya belum benar-benar mendidih.

masukkan kepiting dan tuangkan bumbu

Masukkan kepiting yang sudah dibersihkan tadi ke dalam panci kukusan. Hati-hati memasukkannya karena uap dari air yang mendidih cukup panas dan bisa membakar kulit. Jangan lupa menaburkan bumbu rempah instan di atas kepiting, dan lakukan ini secara bertahap agar semua kepiting tertabur dengan sempurna dari yang pertama masuk hingga nanti yang terakhir.

steam kepiting

Setelah disteam selama kurang lebih 20-25 menit, kini kepiting sudah siap dihidangkan. Sediakan tang makan atau palu kecil untuk memudahkan anda dalam menghancurkan cangkang kepiting saat menyantapnya. Hmm, yummy. Simak video tutorial mengenai bagaimana cara memasak kepiting dengan cara disteam berikut agar lebih mudah dipahami.

Resep masak kepiting

Jika tadi anda mengikuti proses memasak kepiting, pastinya anda ingat tentang bumbu rempah instan yang ditaburkan baik di dalam air rebusan maupun langsung ke permukaan kepiting. Ya, bumbu ini bernama Old Bay yang merupakan resep warisan dari Amerika yang terdiri dari 18 rempah pilihan dan secara khusus dikreasikan sebagai bumbu serba guna dalam memasak berbagai macam seafood dan makanan lainnya seperti kentang goreng, ayam bakar, daging panggang, dan lainnya.

Bumbu Old bay ini sangat terkenal di kalangan Bushcraft atau para petualang atau pemburu. Penggunaannya yang simple sangat memudahkan mereka dalam memasak makanan survival selama di hutan. Tinggal ditaburkan saja dan ‘clinggg’, makanan langsung siap dihidangkan.

Untuk mendapatkan Old Bay, anda bisa dengan mudah membelinya melalui situs Amazon yang menawarkan berbagai macam rasa dan kemasan bumbu rempah Old Bay. Harganya pun cukup terjangkau dan sangat cocok untuk anda yang suka camping maupun melaut.

bumbu old bay

Anda bisa mendapatkan bumbu rempah instan Old Bay melalui link berikut :

Old Bay Original Seasoning 6oz (Pack of 2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here