Cara bertanam hidroponik sederhana di rumah (part2)

4
1250

cara bertanam hidroponik sederhana di rumah part2

Cara bertanam hidroponik sederhana di rumah (part2) ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya dengan bahasan yang sama, yakni bagaimana membuat instalasi hidroponik sederhana di rumah dengan sistem DFT atau Deep Flow Technique.

Jika sebelumnya saya sudah menjelaskan apa saja perlengkapan dan bahan yang disiapkan untuk membuat instalasi hidroponik serta media tanam yang digunakan, kali ini saya akan melanjutkan ke proses pengerjaan.

Proses pengerjaan di sini menyangkut persiapan bahan termasuk di dalamnya pemotongan pipa, rangka baja ringan, hingga proses pengeboran atau pebuatan lubang hidroponik pada pipa pvc. Di sisi lain saya juga akan menjelaskan mengenai proses persiapan media tanam seperti pemotongan rockwool, kain flannel, pelarutan nutrisi hidroponik (A/B mix), hingga proses penyemaian benih sayuran pada potongan rockwool yang sudah dibasahi dengan air, hingga nantinya siap ditanam pada netpot yang terpasang pada pipa pvc (paralon).

Pemotongan pipa pvc dan rangka baja ringan

Langkah pertama yang saya lakukan adalah memotong pipa pvc dan rangka baja ringan sesuai konstruksi yang saya buat. Dan pada desain kali ini, saya akan melakukan pemotongan pipa PVC ukuran 2,5 inch menjadi 12 bagian dengan panjang masing-masing 190 cm.

Sementara untuk rangka baja ringan akan saya potong menjadi 4 bagian dengan ukuran 200 cm (untuk tiang utama), dilanjutkan dengan 3 bagian dengan ukuran 170 cm (untuk penghubung tiang utama kanan dan kiri), serta 2 bagian masing-masing dengan ukuran 70 cm dan 30 cm sebagai penghubung atau penguat tiang utama.

Untuk dudukan pipa saya siapkan potongan baja ringan dengan ukuran 20 cm sebanyak 24 pcs, dan ukuran 4 cm sebanyak 24 pcs juga.

pemotongan pipa hidroponi dan rangka baja ringan

Cara melubangi pipa hidroponik dengan hole saw

Setelah terpotong, pipa PVC ukuran 2,5” kemudian saya lubangi menggunakan hole saw dengan ukuran diameter sebesar 44 mm. Ukuran ini saya pilih karena sesuai untuk penggunaan netpot ukuran 5 cm yang akan saya gunakan sebagai media tanam sayuran.

Ada pun jarak antar lubang yang saya pakai adalah 10 cm. Dengan demikian, potongan pipa sepanjang 190 cm tadi akan menghasilkan sebanyak 18 lubang tanam. Jika tadi terdapat 12 bagian pipa, maka total lubang tanam menjadi 18×12 = 2016. Secara kebetulan angkanya sama dengan tahun ini ya, heheee.

Silahkan perhatikan video berikut untuk tips bagaimana cara melubangi pipa hidroponik (bahan pvc) menggunakan hole saw.

Pemotongan rockwool sebagai media semai dan tanam

Di sisi lain, saya juga menyiapkan media tanam berupa rockwool. Bahan ini saya potong berbentuk dadu dengan ukuran sekitar 2,5 cm x 2,5 cm. Proses pemotongannya bisa menggunakan gergaji atau pisau bergerigi.

Setelah terpotong, taruh di sebuah wadah/ baki untuk selanjutnya siap digunakan untuk proses penyemaian.

pemotongan rockwool

Pemasangan kain flannel sebagai sumbu

Selanjutnya, saya memotong kain flannel dan memasangnya pada setiap netpot. Fungsinya adalah sebagai sumbu atau penyerap cairan di dasar pipa agar bisa diteruskan ke rockwool yang terletak di atasnya (di dalam netpot).

Kain flannel ini saya potong dengan ukuran 2×10 cm yang pas atau sesuai untuk penggunaan netpot ukuran 5 cm dan pipa ukuran 2,5”. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan desain anda.

pemasangan kain flannel pada netpot

Penyemaian benih sayuran hidroponik

Tak lupa saya melakukan penyemaian benih sayuran di atas rockwool yang sudah dibasahi dengan air. Untuk proses penyemaian, ada sedikit perbedaan cara antara benih sayuran yang satu dengan lainnya.

Ada yang sekedar dioleskan ke permukaan rockwool dengan ujung jari, ada juga yang dibenamkan ke dalam lubang rockwool menggunakan tusuk gigi. Silahkan simak dalam video berikut.

Cara bertanam hidroponik di rumah part3

Sementara menunggu benih yang disemai tumbuh dan siap dimasukkan ke dalam netpot, saya akan merakit sistem pengairan pada instalasi hidroponik. Kali ini saya menggunakan sebuah pompa dengan kekuatan tekan hingga ketinggian 2,4 meter.

Cocok digunakan dalam instalasi hidroponik saya yang memiliki tinggi sekitar 2 meter. Tak lupa saya juga menyiapkan sebuah ember penampung air nutrisi dan memasukkan netpot yang sudah terpasang sumbu kain flannel ke dalam lobang tanam.

Penjelasannya akan saya sampaikan dalam artikel lanjutan cara bertanam hidroponik di rumah part 3 (bersambung).

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here