Cara berhenti merokok untuk para ahli hisap

1
568

cara berhenti merokok untuk para ahli hisap

Cara berhenti merokok berikut special saya rangkum dari beberapa sumber yang mudah-mudahan bisa membantu para ahli hisap alias perokok untuk berhenti merokok dengan total. Kedengarannya mustahil, namun yakinlah bahwa jika anda benar-benar niat untuk menjalani terapi ini, maka beberapa metode berikut diharapkan bisa membantu anda dalam menjalaninya.

Seperti kita ketahui bersama bahwa merokok bisa memberikan dampak negative bagi kesehatan tubuh. Bahkan dari hasil kajian medis disebutkan bahwa bahaya rokok lebih besar akan dialami perokok pasif dibandingkan perokok aktif. Hmm, tidak adil memang. Si perokok malah memiliki dampak yang ‘lebih rendah’ dibandingkan mereka yang tidak merokok namun terpapar asap rokok di sekitarnya. Namun demikian, karena para ahli hisap ini secara intens menghisap rokoknya, sementara orang lain yang tidak merokok tadi jarang-jarang saja terpapar asap rokok, maka bisa dipastikan yang lebih terkena dampak buruk rokok adalah sang ahli hisap itu sendiri.

Beberapa media sudah sering kali meliput korban rokok, mulai dari kanker tenggorokan, kanker paru-paru, gangguan janin (bagi ibu hamil), hingga lebih tragis lagi sampai meninggal dunia. Pemerintah melalui departemen kesehatan juga sering membuat video message tentang bahaya merokok dan sering ditampilkan di televisi. Namun mungkin karena penghasilan pajak dari produsen rokok cukup besar, maka pemerintah hanya bisa sebatas menghimbau, bukan langsung menutup pabrik-pabrik rokok tersebut. Miris memang.

Lalu, apa saja tips cara berhenti merokok yang ampuh dan mampu membuat para ahli hisap geleng-geleng kepala saat ditawari rokok? Berikut ulasannya.

Cara berhenti merokok – Tanamkan kesadaran diri

Bagaimana pun, seorang perokok aktif akan sangat sulit menghilangkan kebiasaan merokoknya. Saya paham betul karena saya pernah mengalaminya. Sangat perlu untuk menumbuhkan kesadaran diri yang disinyalir ampuh untuk membuat kita berhenti merokok. Pendekatan emosional juga perlu diberikan oleh orang-orang terdekat, sehingga kita benar-benar paham bahwa merokok tidak hanya membahayakan diri sendiri, namun secara tidak langsung dapat merugikan dan membahayakan keluarga dan orang-orang di sekitar.

Anak dan Istri adalah ring satu yang sangat mungkin terdampak. Tahukah anda bahwa dengan menghirup ‘bekas’ asap rokok yang menempel di baju anda saja, anak kita bisa menderita pneumonia yang berakibat fatal hingga kematian. Tahukah anda bahwa Istri kita bisa terkena kanker payudara hanya karena anda isap putingnya, sementara anda sendiri habis merokok? Relakah anda kalau anak dan Istri kita menderita hanya karena ulah kita? Relakah anda jika akhirnya mereka harus bersusah payah mencari biaya saat merawat kita kelak? Relakah anda ketika anak dan Istri kita harus berjuang keras menghidupi diri karena kita sudah tiada? Setidaknya renungkan hal itu sebelum anda melanjutkan merokok.

Cara berhenti merokok – Merubah kebiasaan

Setelah merenungkan hal-hal pokok di atas, saatnya kita melanjutkan ke step berikutnya. Perbanyak aktivitas yang bisa menguatkan opini tentang bahaya rokok. Kumpulkan artikel mengenai bahaya rokok serta berita-berita yang menggambarkan tragisnya korban rokok yang banyak beredar di media sosial. Pastikan membaca kembali artikel-artikel ini ketika timbul keinginan kuat untuk merokok.

Info lain dari rekan-rekan yang berhasil berhenti merokok adalah ubah kebiasaan merokok dengan ngemil dan banyak minum air putih. Selalu sedia permen di kantong untuk diisap ketika rasa ingin ‘ngisep’ itu muncul. Biasakan juga mengkonsumsi buah-buahan sehabis makan karena kebiasaan merokok kerap terjadi sehabis makan. Ganti aktivitas merokok sehabis makan dengan mengkonsumsi buah-buahan.

Kebiasaan merokok juga sering timbul di kala bengong sendirian. Cari kesibukan lain yang bisa ‘nyelimurno’ anda dari merokok. Sebagai contoh anda bisa memulai menjalankan bisnis afiliasi, menjadi Blogger, atau bahkan Youtuber. Dengan menjalankan beberapa aktivitas tersebut, diharapkan anda bisa lupa merokok karena sibuk mempromosikan bisnis afiliasi, membuat artikel blog, atau otak-atik video editing untuk Youtube. Hal ini terbukti sering dialami oleh teman-teman dari komunitas Blogger yang saking sibuknya bikin artikel hingga lupa makan dan tidur, apalagi merokok, heheee.

Cara berhenti merokok – Merubah pergaulan

Langkah selanjutnya yang tidak kalah penting adalah merubah pergaulan. Sebagai manusia biasa, sering kali kita terbawa arus lingkungan. Jika berkumpul dengan para perokok, kita akan mudah ikut merokok. Begitu pula sebaliknya, jika kita bergaul dengan mereka yang tidak merokok, kita juga perlahan-lahan akan terpengaruh untuk tidak merokok. Bukankah ada petuah yang bilang bahwa kalau kita bergaul dengan pandai besi, kita akan ikut terbakar. Sementara kalau kita bergaul dengan pedagang parfum, kita akan ikut wangi. Btw, saya sendiri seorang pedagang parfum lho, mau wangi? Yuk ikut bisnis wangi bersama FM Group Indonesia, hehee.

Kesimpulan

Cara berhenti merokok yang efektif terdiri dari 3 tahapan, diantaranya menumbuhkan kesadaran diri tentang bahaya rokok dan dampaknya untuk keluarga dan orang-orang terdekat kita, merubah kebiasaan yang disinyalir bisa menjauhkan kita dari rasa ingin merokok, serta merubah pergaulan dengan lingkungan yang lebih positif dan jauh dari aktivitas merokok. Jika kita konsisten dan berusaha keras mengaplikasikannya dalam beberapa minggu ke depan, dipastikan kita akan bisa berhenti merokok dengan total.

Bagaimana tanggapan anda tentang artikel ini? Silahkan tinggalkan komentar dan jangan lupa dishare jika dirasa bermanfaat. Selamat berjuang meninggalkan rokok, semoga berhasil.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here