Bagaimana saya belajar cara tidur cepat kurang dari 1 menit

0
365

cara tidur cepat kurang dari 1 menit

Pengalaman ini mengajariku tentang bagaimana cara tidur cepat dan nyenyak hanya dalam waktu kurang dari 1 menit. Ya, anda tidak salah dengar, kurang dari satu menit.

Waktu itu adalah tepat satu minggu sebelum hari pernikahan sahabatku. Rasa cemas dan gembira bercampur menjadi satu, hingga memicu ketegangan pada syaraf akibat rasa capek sekaligus khawatir. Bagaimana tidak, saya telah ditunjuk menjadi juru pidato kehormatan pada acara tersebut. Kecemasan yang terus membayang itu menjadi penyebab tidur tidak nyenyak dalam beberapa hari terakhir.

 

Cara tidur cepat tanpa obat

3 hari lamanya aku terus terjaga sampai larut malam. Sementara temanku -calon pengantin itu – setiap harinya bisa tidur pulas bak seorang bayi yang sedang terlelap. Tanpa basa-basi, aku ceritakan masalah yang ku alami dalam beberapa hari terakhir hingga akhirnya dia memberikan tips bagaimana cara tidur cepat tanpa obat yang dia amalkan. Dia menyebutnya trik pernafasan 4-7-8.

O yaa, dia adalah seorang praktisi kesehatan yang mempelajari ilmu meditasi, stress, serta teknik pernafasan dan sudah memiliki lisensi akan bidang itu. Dia mengajarkan teknik pernafasan dan mengarahkan saya untuk bernafas melalui hidung selama 4 detik, menahannya selama 7 detik, hingga menghembuskannya melalui mulut selama 8 detik. Menurutnya, kombinasi dari angka-angka itu (4-7-8) telah dipelajari dan secara medis seperti memiliki efek kimia pada otak kita untuk memperlambat detak jantung dan menenangkannya untuk bisa tidur pulas setiap malamnya. “It Works”, katanya menambahkan. “Ini benar-benar ajaib”, imbuhnya.

 

Cara tidur cepat di malam hari

Saya pun sudah tidak sabar untuk menguji trik 4-7-8 ini. Percaya tidak percaya, saat terbangun keesokan harinya saya pun masih ingat ketika selesai menerapkan trik itu yang ke-dua kalinya, rasa kantuk pun mulai menjalar dan membuat saya terlelap. Saya pun menggunakan trik ini selama 4 hari menjelang hari pernikahan itu sebagai cara tidur cepat di malam hari, meskipun tingkat stress saya meningkat menjelang hari H, cara ini tetap manjur. Sungguh metode yang luar biasa.

Bahkan di sela-sela waktu menunggu pidato, saya menggunakan trik itu untuk sekedar bersantai. Hasilnya, saya pun lebih rileks dan pidatonya berjalan lancar.

 

Teknik pernapasan 4-7-8

Ketika kita sedang stress atau pun cemas, adrenalin dalam pembuluh darah kita membuat jantung berdetak lebih cepat sehingga pernapasan kita menjadi lebih pendek dan cepat. Nah, teknik pernapasan 4-7-8 ini berperan seperti layaknya obat penenang, dimana dengan menahan nafas selama 7 detik, kemudian menghembuskannya selama 8 detik, hal ini akan memaksa jantung kita bekerja lebih pelan. Memberikan efek relaksasi layaknya habis lomba sprint kemudian bersantai-santai sambil tiduran di pinggir pantai. Sangat menenangkan.

Ketika anda mencobanya untuk pertama kali, tentunya akan terpancing untuk mengambil nafas berikutnya, atau paling tidak mencoba untuk mempercepat hitungan. Namun, jika anda berusaha untuk mengikuti arahan seperti hitungan 4-7-8, dan secara berturut megulangi hitungan tersebut, anda akan menyadari bahwa detak jantung akan mulai melambat, pikiran terasa lebih tenang, hingga seluruh tubuh merasa lebih rileks secara fisik. Rasanya bahkan sangat menenangkan layaknya sehabis pakai narkoba.

Setelah mempraktekannya, hal pertama yang saya ingat adalah terbangun di pagi hari. Anehnya saya tidak ingat pada hitungan ke berapa saya mulai tertidur semalam. Sungguh luar biasa.

 

Cara kerja teknik pernapasan 4-7-8 secara teknis

Menambahkan penjelasan sebelumnya, kali ini akan saya paparkan pemahaman teknik pernapasan secara teknis:

Orang yang memiliki kecemasan dan stress berlebih akan merasakan susah nafas dan pernapasannya cenderung dangkal dan pendek. Dengan menghirup napas selama 4 detik, akan memaksa kita untuk mengambil lebih banyak oksigen. Selanjutnya, dengan menahan napas selama 7 detik, akan mengakibatkan oksigen yang kita hirup tadi bisa mempengaruhi aliran darah dalam tubuh. Sementara dengan menghembuskan napas selama 8 detik, akan memancarkan karbon dioksida dalam tubuh kita secara terus menerus.

Teknik ini secara efektif akan menurunkan denyut jantung kita serta meningkatkan kadar oksigen dalam aliran darah. Efeknya, mungkin saja anda akan merasa sedikit pusing atau sedikit ‘melayang’, dan membuat anda merasa lebih rileks dan nyaman.

Teknik pernapasan ini sebenarnya sudah menjadi bagian dari aktivitas Yoga dan teknik pengobatan/ kesehatan Timur Tengah selama berabad-abad yang lalu, walaupun tidak sepopuler dalam budaya Barat. Dan orang yang paling terkenal terkait teknik pernapasan 4-7-8 ini adalah lulusan Harvard University yang bernama Dr. Andrew Weil.

Meskipun tidak ada yang mengklaim (termasuk saya dan Dr. Weil) bahwa teknik pernapasan 4-7-8 ini bisa menyembuhkan penyakit dan bisa memberikan manfaat secara klinis, paling tidak saya bisa memberitahukan satu hal kepada anda bahwa teknik ini bisa anda gunakan sebagai cara tidur cepat di malam hari. Anda juga bisa menggunakan teknik pernapasan ini untuk mengurangi rasa gugup ketika ditengah-tengah acara, bahkan bisa anda gunakan untuk meredam amarah dan menenangkan diri.

By :Alina Gonzalez
Sumber : http://www.byrdie.com/how-to-fall-asleep-fast

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here