Apa kata Obama tentang konflik perang Suriah hari ini

0
316

konflik suriah hari ini dan pandangan obama

Presiden Barrack Obama berpendapat bahwa konflik perang di Suriah yang terjadi hari ini tidak bisa dihadapi hanya dengan mengerahkan pasukan darat AS ke Suriah. Upaya militer saja tidak akan cukup untuk memecahkan masalah kompleks ini.

Seperti yang dikutip dari BBC, Obama mengatakan bahwa akan menjadi kesalahan untuk Amerika dan Inggris jika mengirim pasukan darat guna melengserkan rezim Bashar Al Assad itu. Dia juga berfikir bahwa yang disebut ‘Negara Islam’ itu tidak akan mudah untuk bisa dikalahkan dalam 9 bulan terakhir selama masa jabatannya.

“Kami secara perlahan-lahan akan berusaha mempersempit kawasan operasional mereka”, tambahnya.

Obama juga telah melakukan kunjungan selama tiga hari ke Inggris dan mengingatkan bahwa Inggris akan membutuhkan waktu hingga 10 tahun untuk melakukan negosiasi kesepakatan perdagangan dengan Amerika Serikat terkait suara untuk meninggalkan Uni Eropa dalam referendum bulan Juni mendatang.

 

Solusi militer tidak akan berhasil di Suriah saat ini

Lebih jauh lagi, Obama mengatakan bahwa konflik yang terjadi di Suriah saat ini adalah masalah ideology yang sangat kompleks. “Saya tidak berfikir akan ada solusi sederhana dari masalah ini”, imbuhnya.

Untuk bisa memecahkan konflik yang terjadi di Suriah, tentunya membutuhkan solusi jangka panjang dimana solusi militer saja tidak akan bisa mewujudkan hal itu. Obama juga mengatakan bahwa kolaisi yang dipimpin oleh Amerika Serikat akan terus menyerang ISIL di beberapa tempat sasaran seperti Raqqa, dan akan berusaha mengisolasi bagian negara tersebut serta mengunci beberapa bagian negara yang menjadi jalur pengiriman pejuang ke Eropa.

Dia juga menambahkan bahwa masyarakat internasional harus turut serta memberikan tekanan ke semua pihak termasuk Rusia dan Iran, serta kelompok Oposisi moderat untuk bisa duduk bersama dan berusaha menengahi proses transisi. “Dan itu pastinya sulit”, ungkap Obama.

Obama juga mengecam negara-negara dimana parlemennya turut mengecam tindakan yang terjadi di Suriah, namun masih mengharapkan agar Amerika Serikat bisa melakukan sesuatu tentang hal itu. “Anda tidak bisa mengharapkan keduanya”, kata Obama. Menurut dia, masalah yang terjadi di Suriah saat ini adalah salah satu problem yang bersifat transnasional, dan pastinya membutuhkan respon transnasional juga.

Dia mengatakan,”Ini tentunya akan menjadi suatu tantangan dan godaan bagi semua orang, bahwa kita bisa saja menarik diri dan berusaha membentengi negara kita sendiri tanpa berurusan dengan masalah yang terjadi di negara lain”.

Namun tanpa kerjasama dan aliansi “kita jauh lebih lemah dan kita tidak akan bisa memecahkan masalah ini sendirian”, tambahnya.

Setidaknya ada 250.000 orang tewas dalam lima tahun konflik di Suriah dan jutaan lainnya telah melarikan diri dari pertempuran. Obama dan PBB khawatir bahwa gencatan senjata yang telah disepakati antara pasukan pemerintah dan para pemberontak non-jihad sejak Februari lalu akan hancur ditengah terjadinya konflik baru di Suriah.

Pembicaraan yang terjadi saat ini di Jenewa antara pemerintah dan Delegasi Oposisi Suriah akan dilanjutkan minggu depan meskipun telah terjadi perdebatan sengit. Delegasi Oposisi Suriah atau lebih dikenal dengan istilah HNC dan pasukan pemberontak telah menuduh pemerintah Suriah secara berulang kali melanggar kesepakatan yang telah ditengahi oleh Amerika Serikat dan Rusia tersebut.

*Sumber : forbes.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here