9 Cara Menghemat Uang Untuk Anak Kost

2
533

ccara menghemat uang untuk anak kost

Berada di perantauan dan jauh dari orang tua, para anak kost musti tahu cara cerdas menghemat uang agar mampu mencukupi kebutuhannya. Pada faktanya, kebanyakan anak kost sering kehabisan uang meski belum akhir bulan. Alhasil, mereka harus serba hemat, termasuk hemat makanan dengan mengkonsumsi mi instan setiap hari. Bahkan ada yang rela menahan lapar dengan hanya minum air putih saja. Tentu cara ini sangat menyiksa dan berdampak negatif bagi kesehatan. Jika kamu anak kost dan sedang mencari cara menghemat uang, kamu bisa mengikuti cara-cara di bawah ini agar tidak sampai menyiksa diri dan jatuh sakit.

 

Cara Menghemat Uang 1 : Membawa uang pass

cara menghemat uang_bawa uang pas

Bawalah uang pas kemanapun kamu pergi, baik itu ke kampus, ke warung, maupun ke rumah teman. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari keinginan untuk membeli barang yang tidak begitu diperlukan.

 

Cara Menghemat Uang 2 : Belanja sesuai kebutuhan

cara menghemat uang_belanja sesuai kebutuhan

Seringkali anak kost langsung membelanjakan uangnya ke supermarket setelah mendapatkan uang bulanan dari orang tua. Padahal membeli kebutuhan bulanan setiap awal bulan hanya akan membuatmu semakin boros. Kamu akan beranggapan bahwa persediaan bulan sebelumnya telah habis, padahal sebenarnya tidak. Oleh karena itu, sebelum membeli kebutuhan bulanan, pastikan kamu telah membuat daftar kebutuhan. Jangan sia-siakan uangmu hanya untuk keinginan yang sesaat.

 

Cara Menghemat Uang 3 : Memasak sendiri

cara menghemat uang_masak sendiri

Dengan memasak makanan sendiri, kamu telah menghemat cukup banyak uang. Jika kamu tidak sempat memasak, paling tidak kamu harus memasak nasi. Sementara lauk dan sayur, dapat dibeli di warteg. Untuk membuat teh, kopi, susu, dan minuman lain yang memerlukan air panas, kamu bisa membuatnya sendiri dengan membeli dispenser ataupun memasak di kompor, sehingga kamu tidak perlu membeli minuman di warung kopi.

 

Cara Menghemat Uang 4 : Membawa bekal

cara menghemat uang_bawa bekal sendiri

Membawa bekal saat beraktivitas di luar rumah juga termasuk cara menghemat uang. Namun jika kamu tidak sempat memasak, kamu tetap harus membawa air minum, sehingga kamu tidak perlu membeli air mineral di luar.

 

Cara Menghemat Uang 5 : Makan hemat

cara menghemat uang_makan hemat

Jika kamu ingin makan hemat, kamu dapat mengolah telur, sayur, dan tepung, lalu menggorengnya menjadi omelette. Dengan adanya tepung, ukuran omelette ini lebih besar dibanding omelette umumnya. Jadi, kamu dapat membaginya menjadi 3 untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Pastikan kamu menggorengnya sampai matang agar rasa omelette tetap lezat hingga sore hari.

 

Cara Menghemat Uang 6 : Menabung

cara menghemat uang_menabung

Setiap hari, jangan lupa sisihkan Rp 2000 – Rp 5000 untuk ditabung, agar nantinya dapat digunakan dalam keadaan mendesak. Dengan demikian, kamu tidak perlu menarik uang dari ATM terus-menerus.

 

Cara Menghemat Uang 7 : Mengurangi hangout

cara menghemat uang_kurangi hangout

Kamu pasti sependapat dengan ungkapan “Menikmati Masa Muda”. Namun ingatlah bahwa Hang Out bersama sahabat tidak harus dilakukan secara rutin, karena itu hanya akan membuat uangmu cepat habis. Aturlah jadwal Hang Out seperti 2 minggu sekali ataupun 1 bulan sekali.

 

Cara Menghemat Uang 8 : Manfaatkan wifi gratis

cara menghemat uang_manfaatkan wifi gratis

Tidak dapat dipungkiri, akses internet sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok masyarakat modern. Agar uangmu tidak habis untuk membeli paket internet, kamu bisa memanfaatkan WiFi gratis di tempat umum, seperti di kampus, perpustakaan, minimarket, dan taman kota.

 

Cara Menghemat Uang 9 : Mencuci pakaian sendiri

cara menghemat uang_mencuci pakaian sendiri

Cara menghemat uang yang terakhir adalah dengan mencuci pakaian sendiri. Ada cukup banyak anak kost yang lebih memilih jasa laundry daripada mencuci sendiri. Alangkah baiknya uang yang seharusnya untuk laundry dialokasikan untuk mencukupi kebutuhan makanan-minuman.

Itulah tadi 9 cara menghemat uang untuk anak kost. Semoga cara-cara di atas dapat membantumu untuk menghemat pengeluaran. Selamat mencoba.

2 COMMENTS

    • Pasti menu makan tiap hari mantab nih, pagi Soto, siang rendang, malem sate ( semua dalam bentuk mie instan). Hahaaaaa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here