8 Makanan penyebab kanker yang laris di pasaran

0
1433

makanan penyebab kanker laris di pasaran

Waspada terhadap beberapa makanan penyebab kanker berikut ini karena faktanya ‘mereka’ banyak ditemukan di sekitar kita, bahkan sangat laku di pasaran. Fakta lain menunjukkan bahwa kanker merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Bahkan saat ini lebih dari satu setengah juta orang telah terdiagnosis menderita berbagai jenis kanker. Hal ini yang memicu WHO atau organisasi kesehatan dunia sangat gencar mengkampanyekan kesadaran kita akan bahaya dari makanan ‘karsiogenik’ sebagai pemicu berkembangnya sel-sel kanker di dalam tubuh kita.

Berikut adalah beberapa makanan penyebab kanker yang patut anda waspadai meskipun tak sedikit darinya merupakan makanan ‘Yummy’ nan lezat.

 

Makanan penyebab kanker yang sering kita konsumsi

Ikan salmon hasil peternakan

 

makanan penyebab kanker-ikan salmonBukti menunjukkan bahwa ikan salmon yang dipelihara dalam sebuah peternakan mengandung sejumlah bahan-bahan atau zat penyebab kanker seperti dioksin dan PCB. Hal ini disebabkan makanan yang diberikan berupa antibiotic, bahan diet tinggi, serta zat-zat berbahaya lainnya yang nantinya sangat berpengaruh terhadap kandungan PCB yang dihasilkan dari daging salmon tersebut.

Lebih jauh lagi, 60% dari peredaran salmon di luar Amerika Serikat merupakan hasil dari peternakan. Untuk itu pastikan bahwa ikan salmon yang anda konsumsi merupakan salmon yang hidup secara liar di alam bebas karena tentunya akan lebih aman dan sehat jika dikonsumsi.

Tomat kalengan

makanan penyebab kanker-tomat kalengan

Tahukah kamu bahwa dalam dinding kaleng kemasan mengandung BPA yang melindungi makanan tersebut agar tidak menempel atau terikat dengan logam? Bahan berbahaya tersebut biasanya digunakan dalam dunia industry saat memproduksi resin dan plastic.

Dari hasil penelitian, bahan BPA tersebut seperti layaknya estrogren dalam tubuh manusia dan berperan seperti reseptor yang dilakukan hormone wanita. Hal ini tentunya sangat berbahaya karena dapat dengan mudah memicu ketidak seimbangan hormone dan pada akhirnya bisa menyebabkan kanker, obesitas, dan diabetes. Jadi pastikan untuk selalu membeli tomat organic yang segar.

Minuman bersoda

makanan penyebab kanker-soda

Minuman bersoda rata-rata mengandung aspartame dan pemanis buatan yang disinyalir dapat menyebabkan pertumbuhan tumor payudara, kelenjar getah bening dan kanker darah. Wow, serem banget yah.

Ulasan dari European Food Society Authority mengatakan bahwa Aspartam bisa menjadi penyebab berbagai macam penyakit termasuk di dalamnya kanker dan cacat lahir. Mengkonsumsi minuman bersoda secara berkelanjutan juga dapat meningkatkan serangan stroke. Sementara itu, pewarna buatan yang bersifat karsinogenik juga dapat memicu penyakit gastroesophageal reflux.

Popcorn hasil microwave

makanan penyebab kanker-popcorn

Makanan populer yang satu ini biasanya dikemas dalam sebuah kantong yang cukup menarik. Sayangnya, lapisan dalam dari kantong tersebut disinyalir mengandung bahan beracun dan sangat bisa dikaitkan dengan menurunnya system kekebalan tubuh serta kerusakan hati. Bahan tersebut bernama asam perfluorooctanoic yang mana menurut sebuah studi yang dilakukan oleh UCLA dapat memicu berbagai masalah kesehatan serius.

US Environmental Protection Agency juga menyebutkan bahwa asam perfluorooctaniac disinyalir termasuk ke dalam bahan karsiogenik. Terlebih lagi sebagian besar popcorn hasil microwave dibuat menggunakan minyak kedelai dan bahan tambahan lainnya seperti propil gallate yang bisa memicu masalah pencernaan.

Keripik kentang alias potato chips

makanan penyebab kanker-keripik kentang

Siapa yang tidak kenal dengan cemilan yang satu ini. Ternyata, makanan yang mengandung banyak kalori dan lemak ini bisa menyebabkan kenaikan berat badan lho jika dikonsumsi secara terus menerus. Di sisi lain, kandungan sodium yang melimpah juga bisa menyebabkan hipertensi alias tekanan darah tinggi.

Pantesan tiap kali makan cemilan ini, bawaannya pingin berantem mulu ama temen karena rebutan chips terakhir, hahaaaa. Satu lagi, makanan ini juga mengandung pewarna buatan dan beberapa bahan kimia lainnya yang bersifat karsinogenik. Senyawa akrilamida yang dihasilkan saat proses penggorengan dalam suhu tinggi juga bersifat karsinogenik.

Makanan asap atau yang diasinkan

makanan penyebab kanker-makanan asap

Makanan jenis ini mengandung nitrit yang cukup tinggi dan sangat berbahaya. Dan saat dicerna, bahan nitrit ini berubah menjadi N-nitroso yang notabene sangat karsinogenik. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa makanan seperti sosis, bacon, dan salami mengandung zat sodium dan lemak yang berlimpah dan bisa menyebabkan kanker perut.

GMO atau genetically modified food

makanan penyebab kanker-gmo

GMO adalah makanan yang secara genetic telah dimodifikasi. Dan yang menjadi problem adalah kita tidak bisa menghindari makanan jenis ini karena sebagian besar produk massal hasil impor seperti kedelai, jagung, dan gandum merupakan hasil dari GMO (90%).

Tahukah anda bahwa protein yang dihasilkan dari bahan-bahan makanan ini tidak cocok atau tidak sesuai untuk tubuh manusia. Hasilnya, protein yang dilepaskan ini kemudian berubah menjadi organisme lain dalam tubuh dan bertindak seperti virus yang memicu peradangan yaitu salah satu dari penyebab kanker. Lebih jauh lagi, hasil penelitian menunjukkan bahwa makanan GMO ini jika diberikan pada tikus percobaan dapat menyebabkan tumbuhnya sel ganas serta bisa merusak system kekebalan tubuh. Otak dan hati juga ikut mengecil hanya dalam waktu 10 hari saja.

Gula

makanan penyebab kanker-gula

Berbicara tentang gula sangat erat kaitannya dengan kandungan insulin yang tinggi. Tidak bisa dipungkiri bahwa gula merupakan makanan favorit bagi se-sel kanker, karena tumor dan kanker sangat bergantung pada asupan gula untuk bisa tumbuh. Sayangnya, kandungan gula ini hampir digunakan di semua makanan yang kita konsumsi seperti kue, jus, sereal, dan beberapa makanan lain yang mengandung gula murni.

Itulah beberapa makanan penyebab kanker yang sayangnya selalu kita konsumsi setiap harinya. Mulailah untuk mengatur konsumsi makanan-makanan tersebut karena fakta menunjukan bahwa makanan tersebut bisa memicu pertumbuhan kanker dalam tubuh kita. Semoga bermanfaat.

*Sumber : http://www.healthyfoodteam.com/8-food-help-cancer-grow-stop-eating-foods-now

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here