5 Makanan paling menggiurkan untuk takjil saat Ramadhan

0
509

makanan paling menggiurkan buat takjil ramadhan

Alhamdulillah, bulan Ramadhan telah tiba. Banyak sekali keutamaan dan manfaat yang bisa kita rasakan, mulai dari puasa, sholat tarawih, hingga munculnya beberapa makanan paling menggiurkan yang secara rutin hadir di tengah-tengah kita.

Kali ini kita tidak akan membahas mengenai amalan utama saat bulan suci Ramadhan seperti Puasa, Sholat tarawih, membaca Alquran, Sedekah, dll. Namun yang akan kita bahas adalah munculnya beberapa makanan paling menggiurkan yang secara rutin hadir di kala bulan Ramadhan tiba. Penasaran? Mari kita lihat beberapa makanan berikut yang pastinya akan mudah anda temui selama bulan Ramadhan.

 

Makanan Takjil_Gorengan

gorengan

Pastinya anda sudah familiar dengan makanan yang satu ini. Ya, gorengan ini kerap kali kita buru sebagai makanan takjil saat bulan Ramadhan. Selain harganya yang murah meriah, gak tahu kenapa saat melihat makanan yang satu ini rasanya ingin segera menyantapnya. Padahal, di luar Ramadhan pun makanan ini juga banyak dijajakan di sekitar kita.

Sebenarnya, dilihat dari sisi kesehatan dan proses metabolisme tubuh, makanan ini bisa dibilang memberikan efek yang kurang baik jika disantap langsung saat berbuka puasa. Setelah seharian menahan makan dan minum, perut kita tentunya membutuhkan asupan makanan yang mudah diserap dan dicerna seperti buah-buahan dan jus. Jadi, pastikan mengkonsumsi gorengan ini secukupnya saja.

 

Makanan Takjil_Biji Salak

biji salak takjil ramadhan

Inilah salah satu keajaiban bulan suci Ramadhan. Jika biasanya biji salak ini dibuang karena tentunya tidak bisa dicerna oleh tubuh kita, lain halnya saat bulan Ramadhan tiba. Biji salak yag biasanya keras ini pun berubah menjadi lembek dan maknyus bila disantap sebagai takjil puasa, heheee.

Eitt, jangan salah persepsi dulu Bro, Sist. Yang saya maksud biji salak ‘Lembek’ ini bukanlah biji buah salak yang keras seperti penjelasan awal saya ya? Tapi semacam bubur atau cendol yang terbuat dari tepung beras dan sagu, yang bentuknya mirip seperti biji buah salak yang berwarna kecoklatan.

 

Minuman Takjil_Es Teh Manis

es teh manis takjil ramadhan

Nah, kalau yang satu ini termasuk dalam golongan Minuman. Simple dan sederhana, tapi sangat menggiurkan terutama saat siang hari. Meski biasanya (di luar Ramadhan) minuman jenis ini kurang menarik selera karena biasanya kebanyakan kita lebih memilih es jeruk atau jus untuk menyegarkan tenggorokan di kala makan siang, lain halnya saat Ramadhan.

Dengan melihatnya saja sudah kebayang kesegaran saat minuman itu mengalir di tenggorokan kita. Husshhh,! Ingat ya, jangan suka ngebayang hal-hal yang bisa membatalkan pahala puasa kita, heheeee.

 

Makanan Takjil_Mie Goreng

takjil ramadhan mie goreng

Jika beberapa makanan menggiurkan sebelumnya masuk dalam golongan kelas ringan alias tidak bikin kenyang, lain halnya dengan yang satu ini. Ya, dengan makan mie goreng, dijamin akan membuat stamina kita pulih kembali dan bisa bertahan hingga nanti melaksanakan sholat tarawih.

Makanan ini memang biasanya disajikan atau dijual bersamaan dengan gorengan dan beberapa makanan takjil lainnya. Maklum, saat waktu berbuka tiba kita jarang sekali melirik nasi yang notabene makanan sehari-hari kita. Ada yang beranggapan nanti ngantuk dan malas melaksanakan sholat tarawih, ada juga yang memang masih berada di kantor atau dalam perjalanan pulang. Sehingga mereka ‘menyisakan’ ruang perut mereka untuk menyantap masakan keluarga di rumah.

 

Makanan Takjil_Sop Buah

takjil ramadhan sop buah

Ini adalah salah satu favorit saya. Selain bisa menyegarkan tenggorokan setelah seharian puasa, beberapa bahan didalamnya seperti buah melon, apel, dan strawberry sangat baik untuk pencernaan kita karena mudah dicerna oleh tubuh.

Jika anda kesulitan menemukan penjual makanan ini, anda pun bisa membuat sendiri dengan mencampurkan potongan buah-buahan segar seperti Melon, Apel, Strawberry, Semangka, Pepaya, dan menambahkan sirup, susu, dan es. Layak untuk dicoba.

Itulah beberapa makanan paling menggiurkan saat Ramadhan yang senantiasa diburu dan dinanti oleh mereka yang berpuasa saat waktu berbuka tiba. Punya makanan unik lainnya yang ingin dishare? Jangan sungkan untuk menuliskannya melalui komentar di bawah.

Selamat menjalankan ibadah puasa dan semoga berkah,!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here