5 Keutamaan sholat berjamaah yang dijanjikan Allah kepada hambanya

0
5835

keutamaan sholat berjamaah

Sungguh beruntung bagi orang yang senantiasa melaksanakan sholat berjamaah 5 waktu di masjid, karena akan dijanjikan 5 hal ini oleh Allah SWT.

Mungkin kebanyakan dari kita sering mendengar bahwa sholat berjamaah akan mendapatkan ganjaran 27 kali lipat dibandingkan dengan sholat sendirian.

Sering juga mendengar bahwa jika kita sholat berjamaah waktu Isya’ dan Subuh, maka semalam suntuk yang kita lewatkan akan diganjar atau dinilai Ibadah oleh Allah SWT. Itu benar, dan memang ada Hadist yang menjelaskan hal itu.

Namun kali ini kita akan membahas 5 keutamaan sholat berjamaah ‘lainnya’ yang mungkin masih jarang didengar oleh masyarakat umum. Apa saja itu? Yuk kita simak satu persatu.

Dijauhkan dari kefakiran

Hal pertama yang dijanjikan oleh Allah kepada hambanya yang selalu rutin sholat berjamaah adalah dijauhkan dari kefakiran.

Ingat, Janji Allah pasti ditepati dan pasti terjadi. So, mari ramaikan masjid dengan menjalankan sholat berjamaah 5 waktu.

Tinggalkan sejenak aktivitas kita jika waktu sholat sudah tiba. Jangan khawatir akan rezki, karena semua itu sudah disiapkan oleh Allah yang menjamin bahwa orang yang senantiasa melaksanakan sholat berjamaah akan dijauhkan dari kefakiran atau kekurangan.

Gak percaya? Yuk kita buktikan.

Dihindarkan dari siksa kubur

Bagi orang yang beriman, siksa kubur itu adalah salah satu fase yang harus diyakini dan benar akan dilalui oleh setiap manusia yang telah mati.

Kabar baiknya, hal ini tidak akan dirasakan oleh mereka yang senantiasa melaksanakan sholat 5 waktu secara berjamaah. Kuburnya bagaikan taman surga dan hanya kesenangan yang akan didapatkannya.

Akan menerima buku catatan amal dengan tangan kanan

Di akhirat kelak, setiap manusia akan bertanggung jawab terhadap setiap perbuatan yang dilakukannya selama hidup di dunia. Dan semua itu sudah tercatat dengan sangat rinci pada buku catatan amal.

Kabar baiknya, bagi orang yang selalu melaksanakan sholat berjamaah, buku catatan amal tersebut akan diterimanya dengan tangan kanan, bukan tangan kiri atau punggungnya.

Artinya, itu adalah pertanda bahwa amal kebaikannya lebih dominan dan akan mudah melewati fase perjalanan di akhirat hingga akhirnya masuk surga.

Bisa melewati Shirotol Mustaqim secepat kilat

Di akhirat kelak, setiap manusia akan melalui yang namanya jembatan Shirotol Mustaqim yang letaknya di atas neraka menuju Surga.

Menurut salah satu riwayat, jembatan ini setajam silet dan tebalnya tak lebih dari sepertujuh helai rambut. Kondisinya gelap gulita  sebagaimana banyak Hadist yang menyatakan bahwa api neraka Jahannam itu hitam pekat.

Terbayang gak bahwa sudah pasti banyak orang yang bakalan gagal melewati jembatan ini dan terjatuh ke dalam neraka. Namun tidak bagi orang yang senantiasa menjalankan sholat fardhu berjamaah.

Karena mereka akan melewati jembatan Shirotol Mustaqim ini secepat kilat, sebagaimana yang dijanjikan oleh Allah Subhanahu Wata’ala.

Tanpa melalui hisab

Di akhirat nanti, setiap manusia akan mempertanggung jawabkan setiap perbuatannya selama hidup di dunia. Baik atau buruk, semua akan mendapat balasan.

Tahukah kamu bahwa amalan yang pertama kali dihisab adalah amalan sholat. Jika sholatnya baik, maka semua amalan lainnya dianggap baik.

Dan jika amalan sholatnya buruk, sering bolong-bolong, maka sudah pasti amalan lainnya akan diperiksa denagn sangat teliti, sangat rinci, dan memakan waktu yang sangat lama.

Kabar baiknya, bagi mereka yang selama ini rutin menjalankan sholat berjamaah, maka ia akan terbebas dari hisab. Kenapa? Karena sudah pasti amal sholatnya bagus dan amalan lainnya secara otomatis dianggap bagus.

Bukankah sebaik baiknya sholat fardhu adalah yang dilakukan secara berjamaah?

Itulah tadi 5 keutamaan sholat berjamaah yang dijanjikan oleh Allah kepada hambanya. Karena yang berjanji adalah Allah, maka sudah pasti akan ditepati.

Beruntunglah bagi anda yang selama ini sudah rutin menjalankan sholat fardhu secara berjamaah. Di dunia dijamin jauh dari kefakiran, dan akhiratmu dijamin dengan berbagai keistimewaan.

Mari kita ramaikan masjid dengan sholat berjamaah. Share informasi ini karena akan bernilai pahala.

*Sumber: Ceramah ba’da Sholat Jum’at di masjid Hidayatul Muttaqin, Pakis, Malang, 2018

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here