10 Perlengkapan naik gunung yang wajib kamu miliki

0
468

perlengkapan naik gunung yang wajib dimiliki

Untuk kamu Para Petualang, pastikan untuk menyiapkan beberapa perlengkapan naik gunung ini sebelum memutuskan untuk pergi camping atau melakukan pendakian. Hal ini diperlukan agar perjalanan camping maupun pendakian kali ini berjalan dengan lancar dan nyaman tentunya.

Tidak bisa dipungkiri bahwa aktivitas pendakian atau naik gunung merupakan salah satu kegiatan yang memiliki resiko cukup tinggi. Belum lagi medan berat yang harus dihadapi mulai dari jarak yang cukup jauh menuju lokasi, kondisi jalan yang kadang ‘terjal’ dan licin, hingga cuaca ekstrim yang siap menguras stamina kita. Itulah mengapa semua perlengkapan yang dibutuhkan harus benar-benar disiapkan dengan matang agar semua bisa berjalan dengan baik.

Berikut adalah beberapa perlengkapan naik gunung yang wajib kamu siapkan sebelum memulai pendakian, mulai dari perlengkapan pribadi hingga perlengkapan kelompok alias buat rame-rame.

 

Tenda Camping ‘Dome’

tenda camping dome

Tenda dome merupakan salah satu jenis tenda camping yang paling banyak digunakan oleh para pecinta camping dan pendaki gunung. Selain modelnya yang simple, tenda jenis ini sangat mudah dipasang dan cukup kuat.

Banyak sekali toko online yang menyediakan tenda jenis ini, sehingga akan sangat mudah untuk mendapatkannya. Di sisi lain, harga yang ditawarkan juga cukup variatif sehingga tidak terlalu menguras kantong. Terlebih lagi karena penggunaannya biasanya buat rame-rame, anda pun bisa membelinya dengan cara patungan. Sebagai referensi, anda bisa mendapatkan tenda camping dengan berbagai varian dan tentunya dengan harga terjangkau di situs Lazada.

 

Matras

matras camping

Benda ini fungsinya sebagai alas tidur maupun tempat duduk-duduk atau bersantai saat melakukan pendakian. Banyak sekali model dan ukuran matras yang tersedia di pasaran, namun kebanyakan berbahan karet karena di desain untuk tahan air dan cuaca lembab.

 

Tas Gunung

tas gunung

Untuk yang satu ini, anda harus bisa memilih sesuai kebutuhan. Banyak sekali model dan ukuran tas gunung yang tersedia di pasaran. Kebanyakan memiliki size atau ukuran cukup besar karena memang tugasnya adalah mengangkut semua barang anda mulai dari pakaian, makanan, hingga perlengkapan P3K.

Selain ukurannya yang relative besar, tas jenis ini juga didesain sangat kuat untuk menyesuaikan dengan medan dan barang bawaan yang segitu banyak dan berat. Anda bisa mendapatkan tas gunung dengan berbagai pilihan model dan harga menarik melalui link berikut : Tas Gunung Murah dan Berkualitas.

 

Sepatu Gunung

sepatu gunung

Seperti halnya tas gunung, jenis sepatu yang harus anda siapkan juga harus sesuai dengan medan yang akan anda hadapi saat melakukan pendakian, yatu jenis sepatu gunung. Jangan coba-coba untuk menggunakan sepatu regular seperti sepatu cats maupun sepatu jogging karena dipastikan akan menghambat perjalanan anda selama mendaki gunung.

Ya, sepatu gunung didesain secara khusus agar mudah menerjang kondisi jalan yang licin, terjal, serta tahan banting. Salah satu merk terkenal untuk urusan perlengkapan pendakian adalah eiger. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah dengan mengunjungi situs resminya Eiger Indonesia atau bisa juga di Lazada.

 

Jaket Gunung

jaket gunung

Masih seputar perlengkapan pribadi. Jaket gunung sangat diperlukan untuk menjaga suhu tubuh dari terjangan cuaca ekstrim seperti hujan dan terpaan angin. Untuk menunjang penggunaannya, kita juga bisa menggunakan ‘kupluk’ atau penutup kepala agar kepala kita tetap terasa hangat.

Karena kegunaannya yang cukup signifikan, pastikan memilih jaket gunung yang benar-benar tahan terhadap terpaan angin dan anti air alias water proof. Untuk urusan ini, anda bisa mudah mendapatkannya di situs Lazada dan beberapa situs lainnya.

 

Sleeping Bag

sleeping bag

Karena cuacanya yang cukup ekstrim, pastikan juga untuk membawa sleeping bag saat melakukan camping atau pendakian. Alat ini sangat ampuh untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat selama tidur.

Banyak sekali model yang tersedia di market untuk perlengkapan yang satu ini, mulai dari ukuran hingga bahan yang digunakan. Harganya pun cukup bervariatif mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

 

Perlengkapan Masak

cooking set camping

Karena kegiatan pendakian biasanya dilakukan selama beberapa hari, maka perlengkapan masak ini perlu juga untuk dibawa. Hal ini untuk memastikan ketersediaan konsumsi atau makanan, atau paling tidak mempermudah dalam membuat makanan selama dalam pendakian atau camping.

Jangan lupa turut membawa bahan-bahan makanan seperti telur, mie instan, dan beberapa bahan makanan lainnya karena akan sangat mubadzir atau sia-sia jika perlengkapan masak tersebut dibawa tanpa didukung bahan-bahan makanan untuk dimasak. Perhatikan pula kebutuhan kaleng gas (siapkan beberapa kaleng) jika anda memutuskan untuk membawa kompor portable dalam perjalanan ini.

 

GPS atau penunjuk arah (kompas)

kompas

Untuk mempermudah menemukan arah yang dituju, ada baiknya anda membawa perlengkapan navigasi atau GPS maupun kompas. Hal ini untuk mencegah anda tersesat, terlebih jika rute yang akan anda tuju merupakan rute baru dan belum pernah anda telusuri sebelumnya.

Akan sangat tidak lucu jika anda tersesat saat melakukan pendakian, kehabisan bekal, dan akhirnya wassalam. Amit-amit ya.

 

Obat-obatan atau kotak P3K

p3k

Sebagai bentuk kesiagaan, pastikan anda juga membawa perlengkapan P3K atau obat-obatan seperti obat sakit perut, obat merah, alcohol, perban, plester, minyak angina, dan beberapa perlengkapan lainnya yang berfungsi sebagai alat pertolongan pertama jika terjadi sesuatu yang buruk.

Anda bisa dengan mudah mendapatkan perlengkapan ini di mini market maupun apotek terdekat dan harganya cukup terjangkau. Sekali lagi, karena peruntukannya untuk rame-rame anda pun bisa patungan untuk membelinya, heheee.

 

Survival Kit

survival kit

Ini merupakan beberapa perlengkapan untuk bertahan hidup jika hal buruk terjadi selama pendakian. Dengan alat ini, diharapkan para pendaki bisa menjaga kelangsungan hidupnya sampai nantinya bisa diselamatkan oleh team rescue.

Adapun yang termasuk dalam perlengkapan ini antara lain Pisau, Senter, Korek Api, dan beberapa lainnya. Intinya, dengan alat-alat ini kita bisa bertahan hidup, bisa mendapatkan makanan, dan menjaga kondisi tubuh.

Itulah beberapa perlengkapan naik gunung yang perlu anda siapkan agar kegiatan tersebut bisa berjalan lancar, aman, dan nyaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here