10 Alasan Anak Muda Harus Punya Usaha Sendiri

0
368

alasan anak muda harus punya usaha sendiri

Di zaman sekarang ini, wirausaha seolah sudah menjadi pekerjaan bergengsi. Selain memiliki kebebasan dalam mengatur pekerjaan dan uang, berwirausaha juga memberikan kesempatan kepada kita untuk membantu orang lain melalui penyediaan lapangan kerja. Di era sebelumnya, wirausaha lebih banyak digeluti oleh orang-orang tua. Namun seiring perkembangan zaman, pekerjaan ini tidak lagi hanya digeluti oleh kaum tua, tapi juga anak muda. Terbukti ada banyak anak muda yang sukses di usia 20-an, baik itu melalui usaha clothing, kuliner, jasa, dan lain sebagainya. Tentu keberhasilan para anak muda sangat mengagumkan sekaligus membuat iri. Untuk kamu para anak muda, kamu pun bisa melakukan hal yang sama. Agar lebih yakin, kamu bisa simak 10 alasan anak muda harus punya usaha sendiri  berikut.

 

Mandiri secara finansial

Dengan punya usaha sendiri, kamu akan belajar bagaimana mengatur keuangan. Kamu terbiasa memikirkan banyak cara agar usahamu terus berjalan dan tidak sampai rugi. Kamu pun lebih bisa menghargai uang karena paham bagaimana sulitnya mencari uang.

 

Banyak cara mendapatkan modal

Tidak perlu cemas jika modalmu pas-pasan bahkan kurang. Usiamu masih muda, staminamu masih kuat, ide-ide di kepalamu juga masih segar. Kamu bisa memanfaatkan itu semua untuk membanting tulang agar mendapatkan penghasilan ekstra. Di samping itu, kamu juga bisa mengajak teman yang berkompeten untuk berkolaborasi dan mendirikan usaha bersama.

 

Mendapatkan ilmu baru

Membangun usaha sendiri akan membuatmu mendapatkan ilmu baru yang tidak didapatkan di bangku sekolah. Kamu akan terjun langsung ke lapangan dan mempelajari secara langsung bagaimana membaca peluang, selera pasar, mendatangkan banyak konsumen, hingga mencari banyak cara agar usahamu tetap berjalan. Ilmu-ilmu inilah yang akan membuatmu semakin expert dari hari ke hari.

 

Menambah relasi

Kamu akan mendapatkan banyak relasi selama menggeluti usaha sendiri, baik itu produsen maupun konsumen. Bisa jadi salah satu dari relasimu akan membantu kelangsungan karirmu nanti.

 

Mengumpulkan pengalaman

Selain mendapatkan ilmu baru, kamu juga akan mendapatkan banyak pengalaman dari berwirausaha. Baik itu pengalaman baik maupun buruk, semua pengalaman adalah berharga dan dapat dijadikan bekal dalam menghadapi persaingan karir di masa depan.

 

Belum memiliki tanggungan

Usia muda adalah usia yang bebas, dimana kamu belum memiliki pasangan hidup dan anak yang harus dipenuhi kebutuhannya. Dengan kata lain, kamu hanya menanggung kehidupan kamu sendiri.

 

Memiliki banyak ide segar

Seperti yang dikatakan sebelumnya, anak muda memiliki segudang ide-ide segar di kepalanya. Bahkan kebanyakan usaha yang sukses adalah yang berorientasi pada anak muda, mulai dari clothing, craft, sepatu, hingga café yang sesuai selera anak muda.

 

Memiliki waktu luang

Anak muda memiliki banyak waktu untuk mengerjakan banyak hal. Daripada waktu terbuang percuma untuk bersenang-senang dan berfoya-foya, lebih baik waktu luang itu digunakan untuk berkarya dengan membangun usaha sendiri.

 

Usia muda tepat untuk ajang “coba-coba”

Di usia yang muda seperti sekarang ini, kamu memiliki banyak waktu untuk mencoba beragam usaha yang sesuai dengan passion dan kemampuanmu. Jika saat ini kamu menjadi karyawan, kamu tidak perlu langsung meninggalkan pekerjaanmu. Kamu bisa memulainya separuh waktu dulu dengan memanfaatkan media sosial. Saat sudah berhasil, kamu bisa berhenti menjadi karyawan dan fokus pada usahamu sendiri.

 

Kepuasan bukan hanya materi

Kepuasaan dan kebahagiaan anak muda selalu terkait dengan perjalanan. Mereka merasa puas saat bertemu dengan banyak orang, menjalin relasi, beraktivitas bersama teman-teman, dan mendapatkan pelajaran setiap hari. Mereka juga selalu memaklumi kesalahan, menertawakan kekonyolan, namun segera mencari solusinya.

 

Jadi bagaimana, sudah siapkah merintis usaha sendiri?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here